Ucapan Prabowo Melukai Perjuangan Indonesia atas Palestina

24 November 2018 07:45 WIB
pilpres 2019Prabowo-Sandi
Ucapan Prabowo Melukai Perjuangan Indonesia atas Palestina
Anggota Komisi I DPR RI Meutya Hafid (kanan). (Foto: MI/Susanto)
Jakarta: Anggota Komisi I DPR RI Meutya Hafid menyayangkan pernyataan calon presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto yang menyebut Indonesia harus menghormati keputusan Australia terkait rencana pemindahan kedutaan besarnya dari Tel Aviv ke Yerussalem. Menurut dia sikap Prabowo melukai perjuangan Indonesia atas Palestina.

"Tidak hanya melukai, saya tidak bisa membayangkan bangsa Palestina ketika tahu ada ucapan seperti ini dari Indonesia," ujarnya melalui sambungan satelit dalam Prime Talk Metro TV, Jumat, 23 November 2018.


Meutya mengatakan tidak pernah ada dalam sejarah Indonesia mendukung Israel atas pendudukan Palestina. Bahkan sejak pemerintahan Soekarno, Indonesia berikrar selama palestina tidak merdeka Indonesia akan terus melawan Israel.

"Ini yang kemudian diteruskan oleh presiden berikutnya Soehart hingga saat ini sampai ke Jokowi," ungkapnya.

Meutya menilai apa yang disampaikan Prabowo bertentangan dengan sejarah perjalanan Indonesia bersama Palestina yang telah terjalin sekian lama. Upaya membiarkan negara lain menaruh kedutaan besarnya di Yerussalem merupakan langkah mundur atas perjuangan bangsa Indonesia. 

"Tidak hanya Indonesia tapi juga masyarakat Palestina yang menjadi korban," pungkasnya.

Sebelumnya, Prabowo mengatakan Indonesia harus menghormati keputusan Australia yang ingin memindahkan kedutaan besarnya di Israel dari Tel Aviv Ke Yerusalem. Prabowo menilai Australia memiliki hak memutuskan kehendaknya sebagai negara merdeka yang berdaulat.
 
"Aussie merupakan negara independen dan berdaulat, maka kita harus hargai keputusan mereka," kata Prabowo saat menghadiri Indonesia Economic Forum di Hotel Shangri-La Jakarta, Rabu, 21 November 2018.





(MEL)

metro tv
  • OpsiOpsi
  • kick andyKick Andy
  • economic challengesEconomic Challenges
  • 360360

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id