Ilustrasi - Medcom.id.
Ilustrasi - Medcom.id.

Partisipasi Pemilih di Riyadh di Bawah 50 Persen

Pemilu pilpres 2019 pemilu serentak 2019
Faisal Abdalla • 07 Mei 2019 21:17
Jakarta: Komisi Pemilihan Umum (KPU) telah menetapkan hasil rekapitulasi penghitungan suara Pemilu 2019 di wilayah kerja Panitia Penyelenggara Luar Negeri (PPLN) Riyadh, Arab Saudi. Dari penetapan ini terungkap partisipasi pemilih di Riyadh tak sampai setengah dari total WNI terdaftar pemilih.
 
Dalam rapat pleno terbuka penetapan rekapitulasi hasil penghitungan suara di luar negeri, tercatat PPLN Riyadh mendata 41.573 WNI sebagai pemilih, baik pemilih dalam daftar pemilih tetap (DPT), pemilih tambahan (DPTb) maupun pemilih khusus (DPK).
 
Namun begitu, dari total 41 ribu lebih WNI yang ditetapkan sebagai pemilih tersebut, hanya 8.861 pemilih yang menggunakn hak suaranya. Jumlah itu bahkan tidak mencapai setengah dari total pemilih yang ditetapkan sebelumnya.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Anggota PPLN Riyadh bidang Teknis Penyelenggaraan, Agus Hidayatulloh mengatakan rendahnya partisipasi WNI dalam menggunakan hak pilih bisa saja disebabkan oleh status kebanyakan WNI di yang bekerja sebagai Tenaga Kerja Indonesia (TKI).
 
"Karena kultur masyarakat Arab Saudi tidak sama dengan kita. Mereka belum tentu diizinkan oleh majikanya untuk menggunakan hak suaranya," kata Agus di Gedung KPU, Jakarta, Selasa, 7 Mei 2019.
 
Selain karena faktor tersebut, Agus juga mengatakan rendahnya tingkat partisipasi WNI dalam pemilu 2019 di Riyadh juga bisa disebabkan oleh ketidak pedulian masyarakat terhadap hak pilihnya.
 
Pasangan calon presiden dan wakil presiden 02, Prabowo Subianto-Sandiaga Uno keluar sebagai pemenang di wilayah kerja PPLN Riyadh. Prabowo-Sandi berhasil meraup 5.133 suara dibanding perolehan paslon 01, Jokowi-Ma'ruf yang hanya berhasil mendapatkan 3.576 suara.
 
Selain di Riyadh, Prabowo-Sandi juga memperoleh kemenangan di PPLN Jeddah. Prabowo-Sandi berhasil meraup 9.471 suara berbanding perolehan suara Jokowi-Ma'ruf sebanyak 3.821 suara.
 
Baca:KPU Baru Selesaikan Rekapituliasi Suara di 39 PPLN
 
Namun begitu, secara umum pasangan Jokowi-Ma'ruf mendominasi perolehan suara di luar negeri. Jokowi-Ma'ruf berhasil mengamankan kemenangan di sebagian besar PPLN, seperti PPLN Washington DC, PPLN Melbourne, PPLN Los Angeles, PPLN Hong Kong, PPLN Singapura, PPLN Tokyo dan lainya.
 
Sementara pasangan 02 memperopeh kemenangan di PPLN Karachi, PPLN Jeddah, PPLN Abu Dhabi, PPLN Doha, dan PPLN Kairo, dan PPLN Riyadh.
 

(DMR)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

MAGHRIB 17:47
DOWNLOAD JADWAL

Untuk Jakarta dan sekitarnya

  • IMSAK04:26
  • SUBUH04:36
  • DZUHUR11:53
  • ASHAR15:14
  • ISYA19:00

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif