Pasangan calon Presiden Joko Widodo (kiri) dan wakilnya Ma'ruf Amin (kanan). Foto: Medcom.id/Achmad Zulfikar Fazli.
Pasangan calon Presiden Joko Widodo (kiri) dan wakilnya Ma'ruf Amin (kanan). Foto: Medcom.id/Achmad Zulfikar Fazli.

Jokowi Sebut Ma'ruf Mendongkrak Elektabilitas

Pemilu pilpres 2019 Jokowi-Ma`ruf Prabowo-Sandi
Achmad Zulfikar Fazli • 28 Desember 2018 15:49
Jakarta: Calon presiden Joko Widodo membantah pasangannya Ma'ruf Amin tak mampu memberikan kontribusi terhadap elektabilitas. Jokowi menyebut Kiai Ma'ruf telah mendongkrak elektabilitasnya.
 
"Mendongkrak, siapa bilang (tidak). Di surveinya keliatan kok," ujar Jokowi usai makan siang bersama Ma'ruf, di Menteng, Jakarta, Jumat, 28 Desember 2018.
 
Survei LSI Denny JA menyebutkan pasangan Jokowi-Ma'ruf masih berada di atas kompetitornya, Prabowo Subianto-Sandiaga Uno. Elektabilitas mereka berada di angka 54,2 persen. Sedangkan, Prabowo-Sandiaga hanya 30,6 persen.
 
Hal sama juga terlihat dalam hasil survei dari beberapa lembaga lain dalam kurun waktu akhir 2018 ini. Misalnya pada survei dari Saiful Mujani Research and Consulting, elektabilitas Jokowi-Ma'ruf sebesar 60,4 persen, sedangkan Prabowo-Sandi 29,8.
 
Survei dari Litbang Kompas juga menunjukkan keunggulan calon petahana. Elektabilitas Jokowi-Ma'ruf tercatat sebesar 52,6 persen dan Prabowo-Sandi sebesar 32,7 persen.

Baca: Survei: Jokowi-Ma'ruf Unggul

Jokowi mengakui hasil survei sedikit menjadi pembahasan dalam pertemuannya dengan Ma'ruf  pada siang hari ini. Namun, dia tak memerinci hal-hal apa saja yang menjad pembahasan.
 
"Ya tadi bicara sedikit mengenai hasil survei yang ada," kata Jokowi.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?




(FZN)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi