Ketua Dewan Kehormatan PAN Amien Rais. Foto: MI/Mohamad Irfan.
Ketua Dewan Kehormatan PAN Amien Rais. Foto: MI/Mohamad Irfan.

Fadli Zon Anggap Penentang Amien Rais Parasit Demokrasi

Pemilu partai amanat nasional
Kautsar Widya Prabowo • 28 Desember 2018 19:04
Jakarta: Wakil Ketua Umum Partai Gerindra Fadli Zon menilai lima pendiri Partai Amanat Nasional (PAN) yang meminta Amien Rais mundur dari PAN telah mengotori demokrasi. Para penentang Amien dianggap bukan politikus pekerja keras.

"Jadi mereka ini parasit dari demokrasi gitu, kalau mau terjun dong bertarung di gelanggang partai politiknya itu (PAN), ya kalau merasa bagian dari partai politik itu," kata Fadli di Gedung DPR, Jakarta, Jumat, 28 Desember 2018.

Wakil Ketua DPR itu justru menuding Goenawan Mohammad, salah satu orang yang meminta Amien mundur, sebagai pendukung pasangan Joko Widodo-Ma'ruf Amin di Pilpres 2019. Amien, kata dia, diserang untuk memecah belah partai pendukung Prabowo Subianto-Sandiaga Uno. 

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?



Sementara itu, Fadli melihat Amien Rais sebagai ketua Dewan Kehormatan PAN adalah sosok yang konsisten dalam membangun partainya. Amien, kata dia, selalu menaati apa yang menjadi keputusan bersama. Fadli menekankan cara kerja partai berbeda dengan organisasi masyarakat (ormas) ataupun lembaga swadaya masyarakat (LSM). Apa yang menjadi keputusan partai harus diikuti oleh kader-kadernya.

Baca: Lima Pendiri PAN Desak Amien Rais Mundur

Keorganisasian partai juga diatur dalam anggaran dasar dan anggaran rumah tangga (AD/ART). Untuk itu, kata Fadli, pihak yang meminta Amien mundur harus menempuh cara kerja politik. "Apa yang mereka lakukan itu seperti tidak mengerti organisasi partai," imbuh dia.

Sementara itu, lima pendiri PAN yang mendesak Amien mundur adalah Abdillah Toha, Albert Hasibuan, Goenawan Mohamad, Toeti Heraty, dan Zumrotin. Saran agar Amien mundur ditulis dalam surat terbuka

Goenawan Mohamad membenarkan keberadaan surat tersebut. "Yang menulis Pak Abdillah Toha, kami semua yang menandatangani," ucap Goenawan kepada Medcom.id, Rabu, 26 Desember 2018.




(OGI)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi