Dua Parpol Baru Berpotensi ke DPR
Ilustrasi. Foto: Antara/Akbar Nugroho Gumay.
Jakarta:Dua partai politik baru diprediksi sukses di Pemilu 2019 dan melenggang ke DPR RI. Dua partai yang diprediksi lolos adalah Partai Solidaritas Indonesia (PSI) dan Partai Persatuan Indonesia (Perindo).
 
Hal itu terlihat dari hasil survei yang dilakukan lembaga survei Y-Publica pada 10 sampai 20 Oktober 2018. Survei menyebutkan, elektabilitas Perindo 2,5 persen, sedangkan PSI di kisaran 1,6 persen.
 
"Dengan mempertimbangkan angka simpang survei sebesar 2,98 persen, hanya Perindo dan PSI dari partai baru yang berpeluang lolos ke Senayan," kata Direktur Eksekutif Y-Publica, Rudi Hartono, Senin, 5 November 2018.
 
Meski demikian, elektabilitas Perindo cenderung menurun dari survei sebelumnya yakni 3,1 persen pada Mei 2018. Lalu 2,9 persen di Agustus 2018 hingga menurun jadi 2,5 persen pada survei terakhir.
 
Menurut Rudi, turunnya elektabilitas Perindo disebabkan strategi kampanye yang monoton dan hanya sosialisasi melalui televisi. "Publik menunggu gebrakan politik partai partai baru," ucapnya.
 
Sementara itu, elektabilitas PSI naik tipis. Rudi mengatakan, pada Mei 2018 elektabilitas PSI hanya 1,3 persen, lalu naik 1,5 persen pada Agustus 2018. Terakhir, elektabilitasnya turun menjadi 1,6 persen.

Rudi menilai strategi PSI dengan membuat gebrakan politik cukup menarik perhatian publik. "Misalnya, rencana aksi bersih-bersih DPR jika terpilih. Ini beririsan dengan serangkaian operasi tangkap tangan yang dilakukan KPK," ujarnya.


Baca: Survei: Jokowi-Ma'ruf Unggul

Selain itu kata Rudi, gebrakan politik PSI yang mengusung politik anti-korupsi sejalan dengan keinginan publik.
 
Dari survei Y-Publica, pertimbangan publik dalam memilih partai politik, yaitu bersih (27,8 persen), selain tokoh atau figur (23,4 persen), keberpihakan kepada rakyat (21,7 persen), rekam jejak (13,3 persen), dan lainnya (13,8 persen).
 
Survei melibatkan 1.200 responden yang mewakili 34 provinsi di Indonesia. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara tatap muka kepada responden terpilih dengan menggunakan kuesioner. Tingkat kepercayaan survei 95 persen dengan margin of error sebesar 2,98 persen.





(FZN)

metro tv
  • OpsiOpsi
  • kick andyKick Andy
  • economic challengesEconomic Challenges
  • 360360

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id