Peneliti LSI Denny JA, Adjie Alfaraby (kanan). Foto: Medcom.id Arga Sumantri.
Peneliti LSI Denny JA, Adjie Alfaraby (kanan). Foto: Medcom.id Arga Sumantri.

Survei: NasDem 4 Besar di Sulsel

Pemilu survei pemilu serentak 2019
Arga sumantri • 02 November 2018 17:46
Jakarta: Partai NasDem masuk empat besar pemenang pemilu 2019 di provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel). Data ini berdasarkan hasil riset Lingkaran Survei Indonesia (LSI) Denny JA periode Oktober 2018.

Peneliti LSI Denny JA, Adjie Alfaraby, membeberkan elektabilitas NasDem di Sulsel ada di angka 6,5 persen. NasDem unggul dari Demokrat yang ada di bawahnya dengan perolehan 4,5 persen.

"Tiga besarnya yakni Golkar (23,5 persen), Gerindra (16,3 persen), dan PDI Perjuangan (7,3 persen)," kata Adjie saat merilis hasil survei di kantornya, Jakarta Timur, Jumat, 2 November 2018.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?



Sementara, NasDem ada di peringkat tujuh di Sumatera Utara dengan perolehan 2,2 persen. Selain NasDem, tiga partai lain yang masuk jajaran papan tengah di Sumut yakni PAN (3,3 persen), PPP (1,8 persen), dan PKB (1,2 persen). NasDem juga ada pada daftar papan tengah di Banten. NasDem peringkat ke sembilan dengan perolehan suara 1,5 persen.

Kondisi serupa terjadi di DKI Jakarta. Versi survei LSI Denny JA, suara NasDem di Ibu Kota mendapat 1,3 persen dan ada di urutan kedelapan.

Peringkat NasDem di Lampung ada di urutan nomor enam dengan perolehan 3,2 persen. Posisi ini lebih baik ketimbang PKS (2,7 persen), PPP (1,7 persen), PAN (1,3 persen), dan Perindo (1,2 persen).

Baca: Hanura Diprediksi tak Lolos ke Senayan

NasDem ada di posisi tujuh di Sumatera Selatan dengan perolehan 2,0 persen. Partai besutan Surya Paloh ini juga ada di posisi yang sama dalam survei di Riau dengan perolehan 2,3 persen.

Namum, suara NasDem masih anjlok di Jawa Barat. Di Bumi Pasundan, NasDem mendapat 0,7 suara versi LSI Denny JA. Di Jawa Timur, NasDem ada di posisi sembilan dengan 0,8 persen. Suara NasDem juga masih kecil di Jawa Tengah dan meraih 0,3 persen.

Survei ini dilakukan di 10 provinsi terbesar berdasarkan populasi penduduk atau pemilih. Jumlah responden 600 orang per provinsi dengan total responden 6.000 orang. Survei dilakukan pada 4-14 Oktober dengan metode multistage random sampling. Survei dilakukan dengan cara wawancara tatap muka.

Margin of error survei ini sekitar 4,1 persen. Survei juga dilengkapi dengan focus group discussion, analisis media, dan wawancara mendalam. Survei diklaim dibiayai sendiri oleh LSI Denny JA.


(YDH)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi