Caleg PSI dan PKS Ditegur Pengawas Pemilu

Mustholih 04 Desember 2018 13:59 WIB
pileg
Caleg PSI dan PKS Ditegur Pengawas Pemilu
ilustrasi Medcom.id
Semarang:Badan Pengawas Pemilu memberi surat teguran kepada dua calon anggota Dewan Perwakilan Rakyat Kota Semarang. Mereka dianggap melakukan pelanggaran karena berkampanye tanpa mengajukan surat pemberitahuan dan menyebarkan bahan kampanye yang tidak sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

"Bawaslu Kota Semarang memperingatkan peserta pemilu yang dimaksud agar tidak mengulangi dan mengimbau kepada elemen peserta pemilu untuk melakukan kegiatan kampanye sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku," kata Komisioner Bawaslu Kota Semarang, Naya Amin Zaini, Semarang, Jawa Tengah, Selasa, 4 November 2018.


Dua Caleg DPRD Kota Semarang yang dimaksud itu berinisial CB dan TL. CB merupakan Caleg dari Partai Solidaritas Indonesia, sedangkan TL merupakan Caleg dari Partai Keadilan Sejahtera.

Selain menegur dua Caleg Kota Semarang, Bawaslu juga memberi teguran kepada seorang calon Dewan Perwakilan Daerah Jawa Tengah. Namun, Bawaslu enggan mengungkap inisialnya.

Naya menyatakan calon anggota DPD itu melakukan pelanggaran karena membuat kegiatan kampanye yang tidak sesuai dengan Surat Tanda Terima Pemberitahuan. 

"Sesuai pasal 30 ayat 2 PKPU Nomor 33 Tahun 2018 juncto PKPU Nomor 28 Tahun 2018 juncto PKPU Nomor 23 Tahun 2018 tentang kampanye Pemilu bahan kampanye sudah diatur, sehingga penyebaran bahan kampanye di luar yang diatur termasuk pelanggaran administrasi," ujar Naya menegaskan.

Menurut Naya, mereka melakukan pelanggaran kampanye di Ngaliyan, Kota Semarang. Bawaslu mengeluarkan teguran ke masing-masing calon sebanyak satu surat teguran.



(ALB)

metro tv
  • OpsiOpsi
  • kick andyKick Andy
  • economic challengesEconomic Challenges
  • 360360

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id