Joko Widodo-Maruf
Joko Widodo-Maruf

Relawan Siap Kawal Pemerintahan Jokowi-Ma’ruf

Pemilu
29 Mei 2019 17:40
Jakarta: Relawan Jaringan Matahari memastikan bakal terus mengawal pemerintahan Joko Widodo-Ma'ruf Amin dalam kepemimpinannya. Salah satunya dengan mendeklarasikan gerakan Kawal Jokowi.
 
Pembina Jaringan Matahari Bagus Suksmo Djati mengatakan gerakan Kawal Jokowi adalah gerakan untuk mendukung dan mengawal pemerintahan Jokowi-Ma’ruf. Salah satunya dalam menjalankan kebijakan dan program mewujudkan Indonesia maju yang berdaulat dan mandiri.
 

"Berbagai tantangan, peluang dan bahkan ancaman yang akan dihadapi pemerintahan Joko Widodo-Ma'ruf Amin ke depan yang melandasi kami mendeklarasikan gerakan Kawal Jokowi", kata Bagus.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Menurut Bagus, gerakan Kawal Jokowi akan difokuskan kepada empat aspek. Pertama, kajian strategis dan kebijakan yang bertujuan memberi masukan dan rekomendasi kebijakan, memperkuat narasi kebijakan, serta melakukan kajian dan riset sebagai pijakan implementasi kebijakan dan program pemerintah.
 
Kedua, penguatan komunikasi publik yang bertujuan membangun awareness terkait narasi, kebijakan dan program pembangunan Pemerintah Jokowi-Ma'ruf.
 
"Komunikasi publik ini juga bertujuan memberi pemahanan utuh kepada masyarakat agar tidak terjadi kesalahpahaman terkait arah kebijakan dan program pemerintah, target dan sasaran serta realisasi dan capaian program pembangunan," kata Bagus.
 
Ketiga, social engineering adalah upaya mempersiapkan tatanan masyarakat yang compatible dengan perwujudan Indonesia maju.
 
Menurut Bagus, social engineering bertujuan meminimalisasi gejala distrust society (ketidakpercayaan masyarakat) dan membangun tatanan high trust society, menumbuhkan dukungan dan partisipasi publik dalam pembangunan nasional, membangun tatanan masyarakat toleran, terbuka dan inklusif dalam bingkai Pancasila dan Bhineka Tunggal Ika.
 
Keempat, menjadi mitra strategis pemerintah dalam implementasi kebijakan dan program pembangunan di berbagai sektor untuk mewujudkan Indonesia maju.
 

(ALB)
TERKAIT

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif