Direktur Komunikasi Politik TKN Jokowi-Ma'ruf, Usman Kansong. Foto: Medcom.id/Arga Sumantri.
Direktur Komunikasi Politik TKN Jokowi-Ma'ruf, Usman Kansong. Foto: Medcom.id/Arga Sumantri.

TKN Sebut Elektabilitas Jokowi Salip Prabowo di Jabar

Pemilu pilpres 2019 Jokowi-Ma`ruf
Arga sumantri • 14 Februari 2019 16:47
Jakarta: Direktur Komunikasi Politik Tim Kampanye Nasional (TKN) Joko Widodo-Ma'ruf Amin, Usman Kansong, menyebut elektabilitas petahana mulai menyalip di Jawa Barat (Jabar). Hal ini dibaca dari hasil riset lembaga survei Indopolling Network.
 
"Pak Jokowi itu (elektabilitas) sekitar 40 persen, kemudian di sebelah sana 02 (Prabowo Subianto-Sandiaga Uno) 30-an persen," kata Usman di Posko Cemara, Menteng, Jakarta Pusat, Kamis, 14 Februari 2019.
 
Usman mengatakan, pada Pilpres 2014 Jokowi kalah di Tanah Pasundan. Selisih elektabilitasnya kala itu sekitar 20 persen. Adanya lembaga survei yang mendapati data Jokowi unggul pada Pilpres 2019 menumbuhkan asa bagi tim petahana. "Walaupun masih ada undecided voters (pemilih yang belum menentukan pilihannya)," ujarnya.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Usman mengatakan ada pula lembaga survei yang menyebut Jokowi mampu menyaingi elektabilitas Prabowo Subianto di Jabar. Hasil ini tetap patut disyukuri bila menilik hasil pilpres sebelumnya.
 
"Sudah sama itu kan peningkatan luar biasa dari margin 20 persen kalau sudah sampai (sama) sudah bagus begitu atau memperkecil kekalahan sudah bagus itu. Apalagi ada yang mengatakan, kita menang," ungkapnya.
 
Usman menyebut beberapa wilatah di Jabar memang masih jadi tantangan tim sukses petahana. Misalnya, Depok, Bogor, dan Ciamis. Masalah di wilayah ini diyakini lantaran kawasan tersebut memiliki loyalis partai pendukung Prabowo-Sandiaga Uno.
 
Namun, timses petahana tak patah arang. Usman menyebut tim sudah masuk ke wilayah-wilayah tersebut untuk mencoba mencuri suara.
 
Cawapres nomor urut 01 Ma'ruf Amin juga sempat menyambangi Depok. Sementara caleg dan relawan Jokowi-Ma'ruf juga bergerak di Bogor dan Ciamis.
 
"Untuk mencuri suara dari situ. Karena itu sudah unggul kita, kalau mau (mengacu) survei tadi yang saya sebutkan," paparnya.
 
Baca: Survei: Elektabilitas Jokowi-Ma'ruf Masih Tangguh
 
Lembaga survei Indopolling Network sudah merilis hasil riset terkininya terkait elektabilitas kandidat Pilpres 2019 di Jabar. Hasil survei yang dilakukan periode Januari 2019 itu menunjukkan elektabilitas Jokowi-Ma'ruf di Jabar sebesar 41,7 persen, sedangkan Prabowo-Sandi 37,996 persen. Undecided voters masih sebesar 20,4 persen.
 
Mengacu data Indopolling Network, Jokowi unggul di zona Timur Jabar atau wilayah Cirebonan, dengan perolehan 55,39 persen. Sedangkan Prabowo, 31,6 persen. Ada 13,29 persen responden yang tidak menjawab.
 
Perolehan suara Jokowi masih kalah di zona Selatan Jabar. Elektabilitas petahana di wilayah itu hanya 40 persen, sedangkan Prabowo 50 persen. Sebanyak 10 persen responden tidak menjawab.
 
Jokowi dan Prabowo bersaing ketat di zona Tengah Jabar. Elektabilitas Jokowi 41,99 persen, sedangkan Prabowo 41,2 persen. Sisanya, 16,99 persen tidak menjawab.
 
Kemudian, Jokowi juga unggul di zona Utara Jabar dengan elektabilitas 35,09 persen, sedangkan Prabowo 30,7 persen. Sebanyak 34,4 persen tidak menjawab.
 
Terakhir, zona Barat Jabar. Jokowi meraih 40,0 persen suara di wilayah ini, sedangkan Prabowo 39,0 persen. Undecided voters sebanyak 21 persen.
 

(YDH)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi