KPU Disarankan Mengajukan Sengketa Kewenangan Lembaga

Faisal Abdalla 27 November 2018 19:22 WIB
pemilu serentak 2019
KPU Disarankan Mengajukan Sengketa Kewenangan Lembaga
Ilustrasi. Medcom.id
Jakarta: Asosiasi Pengajar Hukum Tata Negara dan Koalisi Masyarakat Sipil menyarankan Komisi Pemilihan Umum (KPU) mengajukan sengketa kewenangan lembaga ke Mahkamah Konstitusi (MK). Hal itu dianggap sebagai solusi untuk mengakhiri polemik pencalonan anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD). 

"Kami menyarankan kepada KPU untuk mengajukan sengketa kewenangan lembaga ke Mahkamah Konstitusi (MK)," kata Direktur Eksekutif Pusat Studi Konstitusi Universitas Andalas, Feri Amsari Jakarta Pusat, Selasa, 27 November 2018. 


Feri mengatakan pengajuan sengketa kewenangan lembaga dapat memberi kejelasan lembaga mana yang berhak menetapkan daftar calon tetap (DCT) anggota DPD. Jika MK nantinya memutuskan tidak hanya KPU yang berhak menetapkan DCT, maka KPU harus menentukan langkah untuk menindaklanjuti putusan Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN) soal nasib Ketua Umum Partai Hanura, Oesman Sapta Odang di Pileg.

"Jika kemudian MK berkata bahwa itu (penetapan DCT) adalah ruang kewenangan KPU, maka tidak ada upaya lain, bahwa apa yang ditentukan KPU itulah pilihan terakhir agar proses penyelenggaraan pemilu bisa berlangsung baik," tuturnya.

Baca: KPU Disarankan Menyurati OSO

Sebelumnya, MK memutuskan anggota DPD dilarang merangkap jabatan sebagai anggota partai politik. Aturan ini dituangkan dalam putusan MK No. 30/PUU-XVI/2018. OSO lantas menggugat putusan itu ke MA dan PTUN. Hasilnya, MA mengabulkan gugatan uji materi OSO terhadap PKPU Nomor 26 Tahun 2018 terkait syarat pencalonan anggota DPD.
 
PTUN juga memenangkan OSO. Hakim PTUN membatalkan SK KPU yang menganulir OSO sebagai calon anggota DPD lantaran menjadi pengurus partai.



(AGA)

metro tv
  • OpsiOpsi
  • kick andyKick Andy
  • economic challengesEconomic Challenges
  • 360360

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id