Direktur Eksekutif Perludem Titi Anggraini (kanan). Foto: MI/Mohamad Irfan.
Direktur Eksekutif Perludem Titi Anggraini (kanan). Foto: MI/Mohamad Irfan.

Perludem: Pernyataan Andi Arief Ganggu Aturan Pemilu

Pemilu pemilu serentak 2019
Candra Yuri Nuralam • 09 Januari 2019 03:07
Jakarta: Ajakan boikot pemilu yang dilakukan Wasekjen Partai Demokrat Andi Arief membuat geram Perkumpulan untuk Pemilu dan Demokrasi (Perludem). Direktur Eksekutif Perludem Titi Anggraini menilai pernyataan Andi dapat mengganggu konstitusional pemilu.

Menurut Titi, ajakan pemilih untuk memboikot pemilu justru akan merugikan partai. Sebab boikot pemilu merupakan imbauan kepada pemilih untuk tidak datang ke tempat pemilihan suara (TPS). 

"Kalau pemilih tidak ke TPS, bukan hanya capres dan cawapres yang tidak akan mendapatkan suara, tetapi juga partai politik peserta pemilu legislatif tidak dapat suara," ujar Titi dalam acara Primetime News Metro Tv, Jakarta, Selasa, 8 Januari 2019.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?



Terlebih, penyelenggaraan pemilu dilaksanakan serentak, baik pilpres, pemilu legislatif DPR, DPD, DPRD provinsi, maupun DPRD kabupaten kota. Pernyataan Andi juga bisa mengurangi kepercayaan masyarakat terhadap partai politik. "Dampaknya ke parpol juga, nanti jangan-jangan tidak bisa lulus parliamentary threshold empat persen gara-gara pendukung tidak memberikan suaranya," tutur Titi.

Padahal, kata Titi, untuk mencapai parliamentary threshold empat persen butuh upaya keras dari parpol. Apalagi, kata dia, ditambah pernyataan pemboikotan pemilu.

Dalam proses pemilu, keabsahan pemilu tidak ditentukan oleh jumlah pemilik hak pilih. Berapapun jumlahnya, pemilu tetap sah.

"Konstitusional pemilu tidak terganggu oleh karna hanya angka pengguna hak pilih sedikit. Tetapi dalam konteks pemilu serentak saya menyarankan parpol ataupun aktivis partai tidak menganjurkan untuk boikot, karena kerugian akan besar dari partai itu sendiri," pungkas dia.




(HUS)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi