Pasangan nomor urut 01 Joko Widodo dan Ma'ruf Amin. ANT/Sigid Kurniawan.
Pasangan nomor urut 01 Joko Widodo dan Ma'ruf Amin. ANT/Sigid Kurniawan.

Rekrutmen Pejabat Publik Berdasarkan Kompetensi

Pemilu debat capres cawapres pilpres 2019
Dheri Agriesta • 17 Januari 2019 21:29
Jakarta: Calon presiden nomor urut 01 Joko Widodo punya cara tersendiri memberantas perilaku koruptif karena tingginya biaya yang dikeluarkan menduduki jabatan publik dan politik. Salah satunya dengan rekrutmen berbasis kompetensi.
 
"Bukan finansial dan nepotisme," kata Jokowi dalam debat capres dan cawapres di Hotel Bidakara, Jakarta Selatan, Kamis, 17 Januari 2019.
 
Baca: Jokowi Minta Prabowo Jangan Asal Menuduh

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Rekrutmen terhadap pejabat publik atau birokrat harus transparan, sederhana, dan jelas. Sedangkan rekrutmen terhadap jabatan politik perlu penyederhanaan, khususnya pada sistem partai politik.
 
"Sehingga biaya pemilu jadi murah, pejabat tidak terbebani oleh biaya pemilu, sehingga kita harapkan, kita bisa memangkas politik uang, suap, dan korupsi," kata Jokowi.
 
Calon petahana itu menegaskan pemilihan berdasarkan kompetensi tak cuma bisa mengentaskan ancaman korupsi. Pemerintah juga bisa mendapatkan calon pejabat yang berkompeten di bidangnya.
 
"Kita harapkan dengan rekrutmen ini jabatan itu baik bupati, wali kota, gubernur, dan seterusnya akan mendapatkan putra-putri terbaik," kata Jokowi.
 
Jokowi juga mencontohkan rekrutmen aparatur sipil negara yang dilakukan dalam beberapa tahun terakhir. Rekrutmen dilakukan dengan transparan dan akuntabel.
 
Baca: Jokowi Dinilai Punya Instrumen Membentengi Hak Warga
 
Masyarakat, kata dia, dapat mengetahui berapa nilai yang mereka dapat dalam setiap tes yang dilalui. Rekrutmen pun dilakukan secara terbuka.
 
"Semua bisa cek hasilnya, bahkan anak saya tidak diterima (menjadi pegawai negeri sipil) di situ karena memang tidak lulus," kata Jokowi.
 

(DRI)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi