Calon wakil presiden nomor urut 01 Ma'ruf Amin menghadiri istigasah bersama di Trenggalek, Jawa Timur--Istimewa
Calon wakil presiden nomor urut 01 Ma'ruf Amin menghadiri istigasah bersama di Trenggalek, Jawa Timur--Istimewa

Ma'ruf Amin: Indonesia Utuh karena Pancasila

Pemilu Jokowi-Ma`ruf
Arga sumantri • 22 Januari 2019 12:51
Trenggalek: Calon wakil presiden nomor urut 01 Ma'ruf Amin menegaskan Pancasila adalah titik temu. Pancasila juga menjadi faktor kuat pemersatu bangsa Indonesia.
 
"Negara kita masih utuh karena kita diwarisi dengan kesepakatan, dasar negara Pancasila," kata Ma'ruf dalam acara Istghosah Kubro di Stadion Minak Sompal, Trenggalek, Jawa Timur, Selasa, 22 Januari 2019.
 
Menurut Ma'ruf, Pancasila telah diterima semua elemen bangsa. Lima dasar falsafah negara ini juga bisa merekatkan umat islam. "Pancasila ini adalah titik temu."

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Baca: Ma'ruf Menghadiri Istigasah di Trenggalek
 
Menurut Ma'ruf kehadiran Pancasila juga tak bisa dilepaskan dari peran para ulama terdahulu. Pancasila hadir dalam rangka semangat membangun Negara Kesatuan Repbulik Indonesia (NKRI).
 
"Kita bersyukur kepada para ulama kita yang dapat mensinergikan Pancasila dan Islam. Para kiai tahu mengkompromikan antara dua hal (Indonesia dan Islam), melalui pendekatan kompromi, Pancasila ini adalah titik temu," jelas Ma'ruf.
 
Makanya, Ma'ruf bertekad bisa melanjutkannya lewat jalur struktural bila terpilih menjadi wakil presiden. Tekad ini pula yang menguatkan mantan Rais Aam Pengurus Besar Nadhlatul Ulama (PBNU) mau menjadi cawapres.
 
"Demi bangsa dan negara, juga desakan dan dorongan para ulama maka saya mau jadi cawapres, saya juga ingin secara struktural mengawal NKRI diwariskan para ulama," pungkasnya.
 

(YDH)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif