Wakil Ketua Tim Kampanye Nasional (TKN) Joko Widodo-Ma'ruf Amin, Abdul Kadir Karding - MI/M Irfan
Wakil Ketua Tim Kampanye Nasional (TKN) Joko Widodo-Ma'ruf Amin, Abdul Kadir Karding - MI/M Irfan

Najwa Shihab Dibela Kubu Jokowi

Pemilu debat capres cawapres pilpres 2019
Arga sumantri • 22 Januari 2019 16:10
Jakarta: Wakil Ketua Tim Kampanye Nasional (TKN) Joko Widodo-Ma'ruf Amin, Abdul Kadir Karding, mengaku tak masalah presenter Najwa Shihab jadi moderator debat kedua. Najwa dinilai sosok yang punya prinsip dan independen.
 
"Jadi, terlalu dini menilai Mbak Najwa seperti itu (tidak netral)," kata Karding saat dihubungi, Selasa, 22 Januari 2019.
 
Karding menilai Najwa akan bisa membuat debat kedua menjadi lebih menarik. Debat diyakini bakal lebih dinamis dan punya daya tarik bagi publik.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Soal netralitas, ya saya kira sangat netral. Mbak Najwa itu sangat profesional dan punya kemandirian yang kuat," ujar politikus PKB itu.
 
Najwa masuk dalam nominasi moderator debat kedua. Selain Najwa, Komisi Pemilihan Umum (KPU) juga memasukkan nama presenter Tommy Tjokro.
 
(Baca juga:Najwa Shihab Ditolak Jadi Moderator Debat)
 
Ketua KPU Arief Budiman nenyebut nama keduanya muncul atas usulan televisi penyelenggara debat kedua. Namun, KPU belum memutuskan moderator yang akan memandu jalannya debat kedua.
 
Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo Subianto-Sandiaga Uno keberatan Najwa ditunjuk jadi moderator debat kedua. Juru Bicara BPN Prabowo-Sandi, Andre Rosiade menilai Najwa terindikasi tak netral jika jadi moderator debat.
 
"Mengenai rencana KPU untuk menunjuk moderator dalam debat, kami mengingatkan KPU agar jangan menunjuk moderator yang terindikasi berpihak. Rekam jejak moderator selama ini kan menunjukkan nama-nama yang beredar seperti Najwa terindikasi tidak netral di 2014," sebut Andre melalui keterangan tertulis.
 
Debat kedua pilpres akan digelar Minggu, 17 Februari 2019 di Hotel Sultan Jakarta. Format debat menampilkan calon presiden. Tema yang diangkat yakni energi, pangan, infrastruktur, sumber daya alam, dan lingkungan hidup. Televisi penyelenggara debat kedua yaitu RCTI, JTV, MNC TV, dan INews TV.
 


 

(REN)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi