KPU Kota Depok menyortir dan melipat surat suara di Gudang KPU Depok, Jalan Tugu Cimanggis.
KPU Kota Depok menyortir dan melipat surat suara di Gudang KPU Depok, Jalan Tugu Cimanggis.

Ratusan Suara Suara di Depok Rusak

Pemilu kampanye pileg pilpres 2019 pemilu serentak 2019
Octavianus Dwi Sutrisno • 15 Maret 2019 12:05
Depok: Sebanyak 565 lembar surat suara di Kota Depok dinyatakan rusak. Surat suara rusak merupakan surat suara DPRD Jawa Barat.
 
Ketua KPU Depok Nana Sobarna mengatakan, ratusan surat suara yang rusak tersebut ditemukan ketika petugas tengah melipat dan menyortir surat di Gudang KPU Depok, Jalan Tugu Cimanggis.
 
"Jadi memang, ada kerusakan surat suara Pileg DPRD Jabar. Memang untuk awal penyortiran dan pelipatan kita fokuskan terlebih dahulu untuk DPRD Jabar, kemudian Kota, DPD dan terakhir Presiden Wakil Presiden," kata Nana saat ditemui Medcom.id di ruangannya, Kantor KPU Depok, Jalan Kartini Kota Depok, Kamis 14 Maret 2019

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Nana menegaskan, menindaklanjuti kerusakaan itu, pihaknya telah melaporkan kepada KPU pusat dan meminta penggantian kertas suara yang baru.
 
Berdasarkan, pantauan di lapangan kertas suara yang rusak didominasi karena robek dan ada bercak-bercak. Nantinya, seluruh logistik KPU yang tidak terpakai tersebut, akan di musnahkan sebelum pencoblosan.
 
"Dalam hal ini, yang mengetahui pasti kenapa bisa rusak itu dari KPU pusat, kami hanya menginventarisir. Namun, memang namanya alat ketika cetak pasti ada saja yang rusak," katanya.
 
Namun, Nana memperkirakan rusaknya surat suara tersebut tidak terlalu mempengaruhi jadwal pelipatan maupun penyortiran. Asalkan KPU pusat, cepat menanggapi masalah ini.
 
"Intinya, sampai saat ini ketersediaan kertas suara masih tercukupi, tinggal kita tunggu hasil pelipatan kertas suara jenis yang lainnya," bebernya.
 
Nana mengatakan, untuk pelipatan dan penyortiran surat suara, KPU Depok diperbantukan 400 orang. Nana yakin, pelipatan dan penyortiran bakal tepat waktu pada 28 Maret 2019.
 
Apabila, nantinya proses tersebut meleset dari jadwal Nana menuturkan telah mengatur beberapa siasat, salah satunya memperpanjang waktu sortir dan lipat.
 
"Insyaalah tidak akan meleset, seperti pelipatan kertas suara DPRD Jabar awalnya kita perkirakan selesai lima hari, ternyata hanya empat hari," pungkasnya.

 

(ALB)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif