Habib Umar Ajak Umat Menjaga Tanah Air
Ilustrasi. Foto: Medcom.id/M Rodhi Aulia.
Jakarta: Habib Umar bin Muhammad bin Salim bin Hafidz mengajak seluruh komponen bangsa, utamanya umat Muslim menjaga persatuan dan kesatuan. Sebab, cinta Tanah Air adalah bagian dari iman.
 
“Berkenaan negeri ini saya harap selalu damai. Jaga persaudaraan, nikmat persatuan ini harus dijaga. Hentikan semua fitnah dengki dan hasut. Kita jaga Tanah Air ini yang merupakan bagian dari iman,” kata Habib Umar, Kamis, 29 November 2018.
 
Habib Umar mengimbau umat Islam di Tanah Air selalu bertakwa kepada Allah SWT dalam memandang segala sesuatu.
 
“Hendaknya tidak tergesa-gesa terhadap apa yang tampak dari kejadian-kejadian secara zohir saja. Tujuannya agar tidak terjerumus dalam kehancuran dan keburukan sebagaimana telah terjadi atas bangsa lain,” katanya.
 
Habib mengimbau masyarakat tidak terprovokasi dengan ajakan yang menjadi agama hanya sebagai kedok. Habib mengatakan, cinta agama adalah nomor satu, namun jangan sampai kecintaan itu dimanfaatkan demi kepentingan kelompok tertentu.
 
Menurut Habib Umar, gerakan dan pemberontakan yang menjual agama mengakibatkan kehancuran umat dan juga merusak persatuan umat.
 
“Bahkan berakibat pada hancurnya tradisi umat, menghancurkan kesejahteraannya, kekuatannya. Terjadinya pertumpahan darah, rusaknya kehormatan, hilangnya harta benda sebagaimana sudah terlihat dan begitu nyata di belahan bumi lain,” katanya.
 
Habib Umar pun memberikan contoh keteladanan Rasulullah SAW. Menurutnya, Nabi Muhammad tidak melakukan jihad kecuali setelah datang izin dari Allah SWT. Setelah mendapatkan izin pun Nabi tidak langsung mengangkat senjata, tetapi berusaha mendamaikan dua kubu yang berselisih.

Baca: Senator Apresiasi Semua Pihak yang Menjaga Perdamaian dan Toleransi


Habib Umar ingin rakyat Indonesia melihat semua hal secara gambalang, tidak mudah terhasut oleh pihak-pihak yang menjadikan agama hanya sebagai topeng.
 
Habib Umar pun kembali menegaskan sekaligus memberikan nasihat, bahwa hendaknya para ulama dan orang-orang yang bernisbat kepada syariat dan agama menjauhi pemahaman-pemahaman yang berdampak buruk terhadap hati, jiwa dan diri mereka.





(FZN)

metro tv
  • OpsiOpsi
  • kick andyKick Andy
  • economic challengesEconomic Challenges
  • 360360

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id