KPU Lanjutkan Pleno Soal OSO Pekan Depan
Ketua KPU Arief Budiman - Medcom.id/Siti Yona Hukmana.
Jakarta: Komisi Pemilihan Umum (KPU) masih belun menentukan sikap terkait putusan Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN) yang meminta Ketua Umum Partai Hanura, Oesman Sapta Odang (OSO) dimasukan ke dalam daftar calon tetap anggota DPD. 

"Kami akan menggelar pleno lanjutan pekan depan," kata Ketua KPU Arief Budiman di Gedung KPU, Jalan Imam Bonjol, Menteng, Jakarta Pusat, Jumat, 30 November 2018. 


Rapat pleno masih akan membahas putusan MA dan PTUN terkait pencalonan OSO. Arief masih menunggu waktu hingga keenam komisioner KPU kembali ke Jakarta. Saat ini, komisioner KPU masih berada di luar kota untuk perjalanan dinas. 

Arief mengatakan sebetulnya KPU sudah menggelar rapat pleno mengenai OSO pada Selasa malam, 28 November 2018. Namun, saat itu salah satu komisioner KPU tak mengikuti rapat lantaran sedang dalam perjalanan dinas. 

"Sebetulnya kita kuorumnya lima, bisa saja. Tetapi saya ingin semua berpendapat, semua menuangkan pikirannya, dan semua dalam pandangan yang sama,". 

(Baca juga: KPU Belum Putuskan Nasib OSO)

Lantaran itu, disepakati rapat pleno dilanjutkan pada Selasa, 4 Desember 2018. Arief berjanji pada rapat itu sudah diambil keputusan soal OSO. 

Sebelumnya, MK memutuskan anggota DPD dilarang merangkap jabatan sebagai anggota partai politik. Aturan ini dituangkan dalam putusan MK No. 30/PUU-XVI/2018.

Ketua DPD OSO lantas menggugat putusan itu ke MA dan PTUN. Hasilnya, MA mengabulkan gugatan uji materi OSO terhadap PKPU Nomor 26 Tahun 2018 terkait syarat pencalonan anggota DPD.
 
Majelis Hakim PTUN juga menelurkan putusan serupa. Hakim PTUN membatalkan SK KPU yang menganulir OSO sebagai calon anggota DPD lantaran menjadi pengurus partai.

(Baca juga: MK Enggan Campuri Putusan MA dan PTUN)
 



(REN)

metro tv
  • OpsiOpsi
  • kick andyKick Andy
  • economic challengesEconomic Challenges
  • 360360

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id