Ilustrasi. Medcom.id/Mohammad Rizal.
Ilustrasi. Medcom.id/Mohammad Rizal.

Pemilihan Suara Ulang Berpotensi Turunkan Partisipasi Pemilih

Pemilu bawaslu pemilu serentak 2019
Kautsar Widya Prabowo • 17 April 2019 17:33
Depok: Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) menilai pemungutan suara ulang (PSU) berpotensi menurunkan partisipasi pemilih. Sehingga, perlu usaha ekstra agar pemilih mau kembali memberikan suaranya.
 
"Ada effort dari teman-teman KPU dan kita bantu untuk menyemangati pemilih untuk memilih lagi pada hari berikutnya," ujar Anggota Bawaslu Divisi Penyelesaian Sengketa Rahmat Bagja, saat mengunjungi TPS 19, Sawangan, Depok, Rabu, 17 April 2019.
 
Bagja menerangkan, KPU bisa kembali mengeluarkan formulir C6 sebagai pemberitahuan kepada pemilih jika namanya masuk dalam daftar pemilih tetap (DPT). Tapi penggunaan formulir C6 tergangung keputusan KPU, lantaran memakan waktu.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Perlu waktu lebih, (tapi) kalau esok hari bisa (dikeluarkan), pemungutan susulan bisa dilakukan, kita tunggu KPU saja," ucapnya.
 
Baca:Logistik Telat Datang, Gubernur Papua Tunda Pencoblosan
 
Sebelumnya, pemungutan suara ulang terpaksa dilakukan di sejumlah kecamatan di Papua karena keterlambatan logistik. Selain itu, sejumlah tempat pemungutan suara (TPS) di Gowa, Sulawesi Selatan, juga dilakukan PSU karena ditemukan surat suara telah tercoblos.
 
Bagja mengungkap, pihaknya akan menyelidiki dugaan keterlambatan logistik pemilu di Papua. Sejumlah saksi akan diperiksa, sebelum diputus kesalahan yang dilakukan penyelenggara pemilu.
 
Dia menegaskan, adanya penundaan pelaksaan pemilu sebagai pelanggaran. Namun, harus didalami sebab penundaan pemilu tersebut.
 
"Jadi masuk dalam catatan pelanggaran tapi dicek pelanggarannya by intention atau sengaja atau tidak sengaja," ujar Bagja di TPS 118 Jombang, Tanggerang Selatan, Banten, Rabu, 17 April 2019.
 
Baca:Penundaan Pemilu di Papua Diselidiki
 

(LDS)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif