Anggota Direktorat Hukum BPN Prabowo Subianto-Sandiaga Uno, Habiburokhman (tengah). Foto: Medcom.id/Ilham Wibowo.
Anggota Direktorat Hukum BPN Prabowo Subianto-Sandiaga Uno, Habiburokhman (tengah). Foto: Medcom.id/Ilham Wibowo.

Penindakan dan Pencegahan Korupsi Disebut jadi Pertanyaan di Debat Pilpres

Pemilu debat capres cawapres pilpres 2019
Ilham wibowo • 13 Januari 2019 17:35
Jakarta: Anggota Direktorat Hukum Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo Subianto-Sandiaga Uno, Habiburokhman mengaku mendapat bocoran soal pertanyaan di debat perdana capres-cawapres. Salah satu pertanyaannya terkait penindakan dan pencegahan korupsi.
 
"Saya dengar bocorannya dari pertanyaan yang sudah ada itu, kisi-kisi. Jadi apakah penindakan atau pencegahan (korupsi)," ujar Habiburokhman ditemui dalam diskusi di kawasan Cikini, Jakarta Pusat, Minggu, 13 Januari 2019.
 
Dia pun memastikan Prabowo-Sandi akan menguatkan kedua aspek tersebut. Terlebih, klaim Habiburokhman, penindakan dan pencegahan korupsi merupakan fokus utama pasangan calon nomor urut 02 itu.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Bagi kami, kami tidak mau memilih salah satu. Kami ingin keduanya sempurna," tegas dia.
 
Dalam memberantas korupsi, kata dia, Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) harus merangkul berbagai lembaga lain seperti Polri dan Kejaksaan. Penguatan KPK pun bakal didorong hingga di tingkat parlemen.
 
"Jangan sampai ada pembahasan di parlemen yang pada akhirnya bisa melemahkan KPK. Persoalannya yang menjadi keluhan dan kita harus dengar ini," kata dia.
 
Habiburokhman menambahkan, Prabowo-Sandi tidak akan mengintervensi dalam proses penanganan kasus korupsi. Target penyelesaian kasus bakal ditingkatkan dari yang saat ini hanya 37 persen naik menjadi minimal 42 persen.
 
"Bagi kami memperkuat KPK itu harus digandeng dengan menjamin tidak ada intervensi kekuasaan eksekutif kepada KPK. Jadi tidak bisa kita ngomong memperkuat KPK, lalu 'wah ada yang tokoh kritis', tahu-tahu besok dipanggil di KPK," pungkasnya.
 

(HUS)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif