Ilustrasi rekapitulasi suara nasional di KPU Pusat - Medcom.id/Fachri Audhia Hafiez
Ilustrasi rekapitulasi suara nasional di KPU Pusat - Medcom.id/Fachri Audhia Hafiez

Delapan Caleg Dapil DIY Diprediksi Lolos ke Senayan

Pemilu pilpres 2019 pemilu serentak 2019
Faisal Abdalla • 13 Mei 2019 16:31
Jakarta: Komisi Pemilihan Umum (KPU) telah mengesahkan rekapitulasi nasional hasil penghitungan suara Pemilu Legislatif 2019 di Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Hasilnya, Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) mendominasi perolehan suara.
 
Berdasarkan hasil rekapitulasi dalam formulir model DC I-DPR yang dibacakan Ketua KPU DIY, Hamdan Kurniawan, PDIP menjadi partai dengan raihan suara partai maupun calon tertinggi di daerah pemilihan (Dapil) DIY, yaitu mencapai 654.088 suara.
 
PKB berada di urutan kedua dengan perolehan suara partai dan caleg sebanyak 264.698 suara disusul PAN dengan raihan 237.731 suara.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


PKS berada di urutan keempat dengan perolehan 229.815 suara, disusul Partai Gerindra dengan 191.346 suara. Menempel ketat Gerindra, Partai NasDem berada di urutan keenam dengan raihan 166.680 suara.
 
Dapil DIY terdiri dari delapan kursi di Senayan. Berdasarkan penghitungan yang dilakukan Medcom.id dengan metode Sainte Lague, PDIP diprediksi berhasil memboyong dua kursi. Sementara PKB, PKS, PAN, Partai Gerindra, Partai NasDem, dan Partai Partai Golkar diprediksi masing-masing mendapatkan jatah satu kursi.
 
Dua caleg PDIP dengan raihan suara tertinggi adalah caleg petahana nomor 1 My Esty Wijayanti dengan raihan 176.306 suara dan caleg nomor urut 1 PDIP, Idham Samawi dengan raihan 158.425. Keduanya diprediksi bakal melenggang ke Senayan.
 
(Baca juga:Jokowi-Ma'ruf Jaya di Kota Gudeg)
 
Selanjutnya, caleg PKB nomor urut 6 Sukamto dan caleg PKS nomor urut 1 Sukamta juga diprediksi lolos ke Senayan karena keduanya memperoleh suara tertinggi di partainya, masing-masing dengan raihan 85.941 suara dan 73.425 suara.
 
Caleg petahana sekaligus putra mantan Ketua MPR Amien Rais, Hanafi Rais, juga diprediksi lolos ke parlemen. Hanafi mampu mengumpulkan 171.316 suara, tertinggi di PAN dan tertinggi kedua di Dapil DIY.
 
Selain itu, caleg Partai Gerindra nomor urut 1 Andika Pandu Puragabya, caleg Partai NasDem nomor urut 5 Subardi dan caleg Partai Golkar nomor urut 1 Gandung Pardiman juga diprediksi lolos ke Senayan karena mereka adalah caleg dengan raihan suara tertinggi di partai masing-masing.
 
Di sisi lain, sejumlah tokoh nasional yang ikut nyaleg di dapil DIY diprediksi gagal melenggang ke Senayan. Mereka di antaranya putri Presiden ke-2 RI Soeharto, Siti Hediati Soeharto (Titiek Soeharto); dan mantan Menteri Pemuda dan Olahraga, Roy Suryo.
 
Titik Soeharto merupakan caleg nomor urut 1 Partai Berkarya. Dia memperoleh suara tertinggi di partainya dengan raihan 26.159 suaran. Namun demikian Titiek diprediksi tak lolos lantaran partainya tidak mendapatkan jatah kursi di Dapil DIY.
 
Nasib serupa juga menimpa mantan mantan Menteri Pemuda dan Olahraga Roy Suryo. Meski dia mendapat 24.415 suara, tertinggi di partainya, Roy gagal ke Senayan lantaran Partai Demokrat diprediksi tak mendapatkan jatah kursi di DIY.
 
(Baca juga:Tingkat Partisipasi Pemilu di DIY Diprediksi Mencapai 82%)

 

(REN)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif