Direktur Charta Politika Indonesia Yunarto Wijaya. Foto: Medcom.id/Deny Irwanto.
Direktur Charta Politika Indonesia Yunarto Wijaya. Foto: Medcom.id/Deny Irwanto.

Isu Perda Syariah dan Poligami Dongkrak Elektabilitas PSI

Pemilu pemilu serentak 2019
17 Januari 2019 15:16
Jakarta: Sikap Partai Solidaritas Indonesia (PSI) menolak Perda Syariah dan menentang poligami memberikan dampak positif. Hal itu terlihat dari survei Charta Politika dalam dua bulan terakhir.
 
Direktur Eksekutif Charta Politika Yunarto Wijaya mengatakan peningkatan elektabilitas karena PSI memiliki faktor pembeda dengan partai lain. Partai besutan Grace Natalie itu memberi perhatian khusus pada segmen anak muda.
 
"Segmen anak muda selama ini belum pernah digarap secara serius dan khusus. Biasanya hanya menjadi bagian dari strategi marketing. Tapi partai ini (PSI) langsung menasbihkan dirinya menjadi partai anak muda," kata Yunarto, Kamis, 17 Januari 2019.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Baca: Survei: Elektabilitas NasDem Masuk 5 Besar
 
Dia mengungkapkan, faktor pembeda itu menguntungkan PSI. Sebab, jumlah pemilih muda berusia 37 sekitar 84 juta orang atau 46 persen suara pemilih.
 
Yunarto menambahkan, sikap PSI yang berani juga menjadi faktor pendongkrak elektabilitas mereka. Sikap itu membuat PSI mendapat dukungan dari golongan minoritas, pluralisme dan moderat.
 
"Posisi ideologi yang berani ditampilkan oleh mereka, terkait dengan pidato Grace terhadap perda syariah dan penolakan poligami, perlindungan pada perempuan. Inikan segmen-segmen yang biasanya oleh partai lain walaupun partai nasional tapi sangat berhati hati. Nah PSI mengambil sikap yang berani," ujarnya.
 
Seperti diketahui, berdasarkan Survei Charta Politika, PSI mencapai elektabilitas 1,5 persen. Posisi ini jauh lebih tinggi dibandingkan Hanura, Partai Berkarya dan Partai Bulan Bintang yang masih berada di bawah 1 persen.
 
Peningkatan elektabilitas PSI meningkat dalam dua bulan terakhir. Dimana pada Oktober, elektabilitas mereka baru 0,9 persen.
 

 

(FZN)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi