Prabowo Subianto. Foto: Antara/M Adimaja
Prabowo Subianto. Foto: Antara/M Adimaja

Unsur Propaganda Ditemukan di Pidato Prabowo

Pemilu pilpres 2019 Jokowi-Ma`ruf Prabowo-Sandi
Lukman Diah Sari • 27 Desember 2018 14:45
Jakarta: Sekjen DPP Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Arsul Sani menilai ada ada unsur-unsur propaganda yang diselipkan dalam setiap pidato calon presiden nomor urut 02, Prabowo Subianto. Terbaru, Prabowo menyamakan tingkat kemiskinan Indonesia sama dengan Haiti dan Rwanda. Pidato itu, kata Arsul, kental dengan propaganda.

Arsul menyimpulkan itu lantaran pernyataan Prabowo tak didukung data valid dari lembaga kredibel. Adapun di kamus besar bahasa Indonesia (KBBI) istilah propaganda berarti 'penerangan (paham, pendapat, dan sebagainya) yang benar atau salah yang dikembangkan dengan tujuan meyakinkan orang agar menganut suatu aliran, sikap, atau arah tindakan tertentu.'

"Prabowo mesti melihat perbandingan data Bank Dunia atau IMF terkait dengan perbandingan tersebut," ujar Wakil Ketua Tim Kampanye Nasional (TKN) pasangan Joko Widodo-Ma'ruf Amin ini, kepada Medcom.id, Kamis, 27 Desember 2018. 

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?



Selain itu, Prabowo juga diminta untuk bertanya lebih dulu ke lembaga swasta yang rutin melakukan survei dan analisis keadaan sosial ekonomi Indonesia. Seperti, PriceWaterhouse, Nomura, dan lembaga kredibel lain. "Ada tidak basis dari data ke semua lembaga-lembaga publik maupun private ini yang mengindikasikan bahwa Indonesia tak ubahnya seperti Rwanda atau Haiti?" imbuhnya. 

Menurutnya, secara nalar tidak mungkin  lembaga pemeringkat investasi seperti Standard Poors dan Moodys akan memberikan investment grade yang tergolong bagus atau layak investasi kepada Indonesia jika kondisinya setingkat Haiti atau Rwanda.  

Baca: Karding Paparkan Data Membuktikan Prabowo Berbohong

Prabowo menyebut Indonesia saat ini setingkat dengan sejumlah negara miskin di Benua Afrika. Hal itu ia sampaikan di hadapan jemaah Majelis Tafsir Alquran (MTA) di Solo, Minggu (24/12).

"Kita (Indonesia) setingkat dengan negara miskin di Benua Afrika, ada Rwanda, Haiti, dan pulau-pulau kecil Kiribati," ucap Prabowo.




(UWA)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi