Penggagas Kongres Diaspora Indonesia Dino Patti Djalal (tengah). Medcom.id/Theofilus
Penggagas Kongres Diaspora Indonesia Dino Patti Djalal (tengah). Medcom.id/Theofilus

Dino Patti Djalal Laporkan Dugaan Calo Suara di Malaysia

Pemilu pileg pilpres 2019 pemilu serentak 2019
Theofilus Ifan Sucipto • 21 Maret 2019 04:17
Jakarta: Penggagas Kongres Diaspora Indonesia Dino Patti Djalal melaporkan dugaan calo suara di Malaysia ke Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu). Pelaporan didasari pengakuan sejumlah calon legislatif (caleg) daerah pemilihan 2 DKI yang meliputi wilayah Jakarta Pusat, Jakarta Selatan, dan Luar Negeri.
 
"Kami dapat laporan dari beberapa caleg tendensi calo suara di Malaysia," kata Dino di Gedung Bawaslu, Jakarta Pusat, Rabu 20 Maret 2019.
 
Dino tak merinci siapa saja caleg yang mengadu kepadanya terkait dugaan adanya calo suara di Malaysia. Yang jelas, kata dia, wilayah yang rawan calo adalah di pinggiran Malaysia, khususnya daerah perkebunan. Sebab, di daerah itu anggota pengawas surat suara terbatas.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Cara kerja calo ini, kata dia, yakni menawarkan jasa pencoblosan dengan membawa surat suara pada WNI di Malaysia. Sasarannya, adalah WNI yang lokasi tinggalnya jauh dari Tempat Pemungutan Suara (TPS). "Ada laporan satu suara 15 ringgit, ada juga sampai 50 ringgit," jelas Dino.
 
Dino mengatakan laporan itu sudah disampaikan langsung kepada Ketua Bawaslu RI Abhan dan diterima dengan baik. Namun, laporan itu baru sebatas lisan dan bukan tertulis.
 
Dino mengaku belum membuat laporan tertulis lantaran respons Abhan disebut positif. "Dia (Abhan) bilang akan kembali mengecek kembali dan memberi arahan yang jelas pada pelaksana pemilu di sana serta menghindari konflik," ujarnya.
 
Dino akan menyampaikan laporannya dalam bentuk tertulis jika masih menerima aduan dari para caleg. "Mungkin saja. Kita lihat nanti perkembangannya gimana," pungkasnya.
 

(AGA)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif