Ketua KPU Arief Budiman. (Foto: ANTARA/Akbar Nugroho Gumay)
Ketua KPU Arief Budiman. (Foto: ANTARA/Akbar Nugroho Gumay)

KPU Segera Kirim Rancangan PKPU Tahapan Pilkada ke Pemerintah

Pemilu kpu PIlkada Serentak 2020
Faisal Abdalla • 09 Juli 2019 14:12
Jakarta: Komisi Pemilihan Umum (KPU) segera mengirimkan rancangan peraturan KPU (PKPU) tahapan Pilkada 2020 ke pemerintah. PKPU harus dikirim ke Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) sebelum diundangkan.
 
"Kalau sudah disempurnakan, akan kita kirim ke Kemenkumham," kata Ketua KPU, Arief Budiman di Gedung KPU, Jakarta, Selasa, 9 Juli 2019.
 
KPU telah melakukan rapat dengar pendapat (RDP) dengan Komisi II DPR RI membahas PKPU Pilkada. Dalam rapat itu, KPU menerima masukan dari legislator.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Arief mengatakan pihaknya saat ini masih merapikan draf PKPU tahapan pilkada. Termasuk mengecek apakah masukan dari DPR bisa diakomodasi atau tidak.
 
"Pokoknya kalau sudah selesai (disempurnakan) langsung dikirimkan ke Kemenkumham," ujar Arief.
 
Baca juga:KPU Siap Sempurnakan Situng untuk e-Rekap Pilkada 2020
 
Komisi Pemilihan Umum (KPU) mengusulkan tahapan penyelenggaraan Pilkada Serentak 2020 dimulai pada Februari. Tahapan dimulai dengan pendaftaran calon.
 
Hal itu disampaikan Ketua KPU Arief Budiman saat rapat dengar pendapat (RDP) bersama Komisi II DPR, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) dan Direktorat Jenderal (Ditjen) Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri). RDP membahas draf PKPU Pilkada Serentak 2020.
 
"Pendaftaran pasangan calon akan dilakukan pada bulan Februari untuk gubernur dan wakil gubernur. Untuk bupati dan wakil bupati, wali kota dan wakil wali kota itu minggu pertama bulan Maret," kata Arief di ruang rapat Komisi II, Kompleks Parlemen, Senayan, Jalan Gatot Subroto, Jakarta, Senin, 8 Juli 2019.
 
Baca juga:107,5 Juta Pemilih Diprediksi Ramaikan Pilkada 2020
 
Penetapan calon akan dilakukan pada akhir Juni 2020. Sementara itu, masa kampanye ditetapkan pada 1 Juli-19 September 2020.
 
"Jadi tiga hari setelah penetapan pasangan calon langsung dimulai masa kampanye. Masa kampanye berdurasi 81 hari," ungkap dia.
 
KPU juga mengusulkan pemungutan suara dilakukan pada Rabu, 23 September 2020. Alasannya, untuk meneruskan tradisi pencoblosan di Indonesia yang selalu dilakukan pada hari Rabu
 

(MEL)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif