Komisioner Bawaslu DKI, Puadi--Medcom.id/Theofilus Ifan Sucipto.
Komisioner Bawaslu DKI, Puadi--Medcom.id/Theofilus Ifan Sucipto.

Bawaslu DKI Jakarta Tertibkan 231 Ribu APK

Pemilu pilpres 2019 pemilu serentak 2019
Theofilus Ifan Sucipto • 16 April 2019 12:42
Jakarta: Bawaslu DKI Jakarta telah menertibkan lebih dari 230 ribu alat peraga kampanye (APK) di Jakarta. Mereka menargetkan seluruh APK di Jakarta tuntas ditertibkan hari ini.
 
"Sampai hari ini ada 231.236 APK yang sudah kita tertibkan," kata Komisioner Bawaslu DKI, Puadi, di Jakarta Utara, Selasa 16 April 2019.
 
Dia mengatakan Bawaslu DKI memastikan akan berkoordinasi dengan sejumlah pihak seperti Satpol PP untuk menuntaskan penertiban APK. Apalagi, kata Puadi, besok sudah hari pencoblosan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Puadi mengaku ada beberapa kendala yang dihadapi saat menertibkan APK. Misalnya, kata dia, ada beberapa peserta pemilu yang memasang APK di atas pohon yang tinggi sekali.
 
Bahkan, lanjutnya, ada yang memasang APK di ujung tiang listrik. Hal ini mengharuskan Bawaslu bekerja sama dengan dinas terkait seperti dinas perhubungan untuk penyediaan perlengkapan penertiban
 
"Ada juga yang dipasang di ujung pohon, posisinya di gang sempit sehingga kendaraan untuk menertibkan tidak bisa masuk," ujar Puadi.
 
Dia mengaku sudah mengimbau satpol PP untuk berhati-hati. Sebab, jika salah menertibkan APK di tiang listrik, ada kemungkinan mereka tersengat listrik.
 
"Ini tanggung jawab kita untuk memastikan penertiban h-1 sudah bersih dari kampanye," pungkasnya.
 
Adapun sebaran penertiban APK di Jakarta sebagai berikut:
Jakarta Timur: 95.144
Jakarta Pusat: 73.550
Jakarta Selatan: 28.329
Jakarta Utara: 21.324
Jakarta Barat: 11.613
Kepulauan Seribu: 1.276
 
Bawaslu Provinsi DKI Jakarta menargetkan agar proses penertiban APK dapat selesai secepatnya. Agar masyarakat benar-benar merasakan masa tenang.
 
"Kami berharap masyarakat juga awaredengan pelanggaran-pelanggaran di masa tenang, seperti kampanye terselubung, pemasangan APK kembali, untuk melaporkannya ke Bawaslu. Karena itu merupakan pelanggaran dan dapat diproses secara hukum," kata Ketua Bawaslu DKI Muhammad Jufri, Minggu 14 April 2019.
 
Baca: Bawaslu Akui Alat Peraga Kampanye Masih Bertebaran di Jakarta
 
Aparat gabungan DKI Jakarta sudah mulai mencopot alat peraga kampanye (APK) Pemilu 2019 sejak Minggu, 14 April 2019 dini hari. Bawaslu DKI juga menyebutkan penertiban APK ini dilakukan serentak di enam kabupaten maupun kota di DKI.
 

(YDH)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif