Ketua KPU Arief Budiman. Foto: Medcom.id/Fachri Audhia Hafiez
Ketua KPU Arief Budiman. Foto: Medcom.id/Fachri Audhia Hafiez

Moderator Debat Kedua Pilpres Diumumkan Besok

Pemilu debat capres cawapres pilpres 2019
Dian Ihsan Siregar • 24 Januari 2019 14:35
Jakarta: Komisi Pemilihan Umum (KPU) bakal mengumumkan dua moderator yang bakal mengawal debat kedua Pemilihan Presiden (Pilpres). Pengumuman kedua nama akan sampaikan, Jumat, 25 Januari 2019.
 
"Iya (penentuan moderator), agendanya esok hari," kata Ketua KPU RI Arief Budiman ketika ditemui di Gedung KPU, Jakarta, Kamis, 24 Januari 2019.
 
Arief mengatakan penentuan moderator debat kedua akan disepakati bersama oleh perwakilan tim sukses (timses) dari pasangan nomor urut 01 dan 02. Pada rapat itu juga akan membahas berapa lama durasi debat yang akan dijalankan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Iya, sama BPN dan TKN. Tempatnya di sini. Kalau tidak pukul 14.00 WIB, yah pukul 16.00 WIB. Tapi saya pastikan besok. Banyak persiapan yang akan dibahas," tutup Arief.
 
Baca: KPU Jamin Moderator Debat Netral
 
Sebelumnya, Komisioner KPU Wahyu Setiawan telah menyebutkan jurnalis senior Karni Ilyas masuk bursa calon moderator debat Pilpres 2019. Nama Karni muncul bersama Najwa Shihab dan Tommy Tjokro dan beberapa jurnalis lain.
 
"Dan beberapa nama lagi saya enggak ingat. Tetapi semua itu memang insan media," ucap Wahyu.
 
Karni diusulkan stasiun televisi yang bekerja sama dengan KPU. Namun, siapa yang bakal menjadi moderator belum diputuskan.
 
Tim Kampanye Nasional (TKN) Joko Widodo-Ma'ruf Amin dan Badan Nasional Pemenangan (BPN) Prabowo Subianto-Sandiaga Uno masih merumuskan itu. Keputusan harus disetujui semua pihak terkait.
 
"Berbeda dengan panelis. Panelis itu mutlak sepenuhnya kewenangan KPU. Itu bedanya," tegas Wahyu.
 
Wahyu menjelaskan wewenang moderator akan ditambah. Itu penting guna memaksimalkan pendalaman materi debat. "Akan kita perbesar untuk lebih mengatur lalu lintas jalannya debat," ujar dia.
 

(YDH)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi