Tabloid Indonesia Barokah yang diamankan dari sebuah masjid di Kota Tangerang, Banten. (Foto: ANTARA/Muhammad Iqbal)
Tabloid Indonesia Barokah yang diamankan dari sebuah masjid di Kota Tangerang, Banten. (Foto: ANTARA/Muhammad Iqbal)

Konten Tabloid Indonesia Barokah Terindikasi Kampanye

Pemilu ujaran kebencian pilpres 2019
Achmad Zulfikar Fazli • 25 Januari 2019 13:56
Jakarta: Konten tabloid Indonesia Barokah disebut memuat konten kampanye. Tabloid yang disebarkan ke masjid-masjid dan pesantren itu diindikasikan menguntungkan salah satu kandidat Pilpres 2019.
 
"Iya, agak menjurus (konten kampanye), agak menjelaskan salah satu pasangan calon atau mengunggulkan salah satu pasangan calon," kata Ketua Umum PP Pemuda Muhammadiyah Sunanto di Kantor Wakil Presiden, Jakarta, Jumat, 25 Januari 2019.
 
Sunanto mengatakan pada prinsipnya media massa seperti tabloid merupakan tanggung jawab Dewan Pers apabila ditemukan pelanggaran. Namun, kata dia, Bawaslu dan kepolisian perlu ikut mendalami apakah ada unsur propaganda atau kampanye di dalamnya.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Saya kira harapannya (Bawaslu) cepat mengusut apakah itu kontennya propaganda atau kampanye," ucap pria yang akrab disapa Cak Nanto itu.
 
Baca juga: Tabloid 'Indonesia Barokah' Pakai Alamat Fiktif
 
Mantan Koordinator Nasional Jaringan Pendidikan Pemilih untuk Rakyat itu mengaku telah berkomunikasi dengan pengurus di daerah untuk mengawasi peredaran tabloid Indonesia Barokah, terutama di masjid-masjid Muhammadiyah. Ia juga meminta masyarakat agar tidak menelan mentah-mentah informasi yang dimuat dalam tabloid untuk menghindari polemik.
 
"Saya sudah komunikasi, silakan diterima (jika mendapat peredaran tabloid Indonesia Barokah) tapi jangan dijadikan bahan pertimbangan karena khawatir itu propaganda. Dikaji terlebih dahulu informasi yang ada itu," pungkas dia.
 

 

(MEL)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif