Ilustrasi beras - Medcom.id.
Ilustrasi beras - Medcom.id.

Impor Pangan Diyakini Berkurang dengan Pertanian Modern

Pemilu impor debat capres cawapres pilpres 2019
Ilham wibowo • 13 April 2019 21:26
Jakarta: Pengusaha Dato Sri Tahir meyakini Presiden Joko Widodo akan terus fokus di sektor pertanian. Petani harus diakselerasi dalam program pemanfaatan teknologi guna meningkatkan jumlah produksi hingga nilai tambah.
 
"Nanti kalau Bapak Presiden Jokowi terpilih kembali, pasti akan mengambil modernisasi agrikultur (pertanian). Mungkin itu adalah suatu daerah yang akan meningkatkan tidak hanya jumlah produksi tetapi nilai juga," kata Tahir dalam sebuah diskusi di studio Medcom.id, Jumat, 13 April 2019.
 
Tahir sepakat masa depan ketahanan pangan Indonesia berada pada jutaan tangan petani. Namun, demikian kemampuan masyarakat untuk mendapatkan beras dengan harga terjangkau juga perlu diupayakan dengan baik.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Kalau kita impor itu tidak kurang tidak lebih adalah untuk secure karena kita menganut pangan itu sangat penting untuk rakyat Indonesia. Kita akan make sure bahwa rakyat Indonesia menikmati harga pangan dengan murah," ungkap Pendiri Mayapada Group ini.
 
(Baca juga:Pemerataan Ekonomi jadi Fokus Jokowi Membangun RI)
 
Ekonom Institute for Development of Economics and Finance (Indef) Eko Listiyanto mengatakan kebijakan impor komoditas seperti beras masih bisa dipahami untuk kepentingan menekan harga pangan di masyarakat. Kebijakan impor juga bukan sesuatu yang haram karena merupakan bagian dari kerja sama perdagangan dengan negara lain.
 
"Pangan tanpa impor itu hampir tidak mungkin karena kita sebagai negara tidak sendiri dan bekerja sama dengan negara lain," ujarnya.
 
Kehadiran pemanfataan teknologi diyakini bisa mengurangi jumlah impor pangan. Menurut Eko, diperlukan pula penigkatan kualitas gizi dari upaya peningkatan jumlah produksi pangan di masa mendatang.
 
"Beras adalah komoditas yang paling besar dalam komponen inflasi, perlu impor tapi dibatasi," ujarnya.
 

(REN)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

MAGHRIB 17:47
DOWNLOAD JADWAL

Untuk Jakarta dan sekitarnya

  • IMSAK04:26
  • SUBUH04:36
  • DZUHUR11:53
  • ASHAR15:14
  • ISYA19:00

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif