Danpom TNI, Mayjen Dedy Iswanto - Medcom.id/Candra Yuri Nuralam
Danpom TNI, Mayjen Dedy Iswanto - Medcom.id/Candra Yuri Nuralam

TNI Pastikan Pelat Dinas pada Kendaraan Kampanye Palsu

Pemilu tni pilpres 2019 pemilu serentak 2019
Candra Yuri Nuralam • 22 Maret 2019 16:51
Jakarta: Sebuah mobil jenis Pajero pelat TNI dengan nomor seri 30005-00 viral di media sosial lantaran mengampanyekan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno. TNI menyebut nomor seri dengan jenis kendaraan teregistrasi berbeda.
 
"Jenis kendaraannya tidak sesuai dengan registrasi yang ada di Mabes TNI. Yang mana itu tadi registrasi militer dalam hal ini Mabes TNI Mitsubishi Lancer," kata Danpom TNI, Mayjen Dedy Iswanto dalam konfrensi pers di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur, Jumat, 22 Maret 2019.
 
Dedy menjelaskan penggunaan pelat dan mobil dinas TNI hanya bisa dilakukan oleh anggota dengan pangkat tinggi. Semuanya juga terdata.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Dia memastikan mobil Pajero berpelat 30005-00 bukan mobil dinas TNI yang teregistrasi.
"Kendaraan militer itu digunakan oleh pejabat-pejabat tertentu jadi terdata semua sesuai dengan peruntukan yang ada. Jadi ya bisa juga sampai level pama-pamen (perwira pertama-perwira menengah) memang ada batasan-batasan sesuai dengan jabatan," tutur Dedy.
 
(Baca juga:TNI Usut Pemalsuan Kendaraan Dinas untuk Kampanye)
 
Dedy menegaskan penggunaan pelat yang tidak sesuai dengan jenis mobil merupakan pelanggaran besar. Pihaknya belum mengetahui pelat nomor itu bisa berbeda dengan kendaraan yang teregister.
 
Tapi, dia memastikan, pihaknya bakal menyelidiki keterlibatan oknum. "Hal tersebut sedang dalam penyelidikan dan pendalaman kami dalam mengungkap hal tersebut," ujar Dedy.
 
Kapuspen TNI Mayjen Sisriadi menegaskan TNI dalam Pemilu 2019 netral. Dengan viralnya mobil Pajero yang mengampanyekan Prabowo-Sandi itu dikhawatirkan bisa mem-framing ketidaknetralan TNI di mata masyarakat.
 
"Saya sampaikan bahwa TNI tetap memegang komitmen untuk tetap netral dalam pelaksanaan Pemilu 2019," kata Sisriadi.

 

(REN)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif