Caleg PDIP Putra Nababan. Foto-foto: Dok Pribadi
Caleg PDIP Putra Nababan. Foto-foto: Dok Pribadi

Putra Nababan dari Wartawan Melenggang ke Senayan

Pemilu pemilu serentak 2019
Whisnu Mardiansyah • 20 Mei 2019 15:21
Jakarta: Jurnalis senior Putra Nababan sudah malang melintang di industri media Tanah Air. Karier tertingginya saat berhasil mewawancarai mantan Presiden Amerika Serikat Barack Obama.
 
Tak mau berpuas diri, Putra Nababan mencoba peruntungan di dunia politik. Putra mencalonkan sebagai anggota legislatif DPR dengan baju Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP).
 
Dia bertarung di daerah pemilihan (dapil) 'neraka' Jakarta I yang meliputi wilayah Jakarta Timur. Di situ bercokol nama-nama politikus senior dan kawakan, seperti Mardani Ali Sera (PKS), Imam Nahrawi (PKB), dan Eko Hendro Purnomo (PAN).

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Sebagai pendatang baru di dunia politik, perolehan suara Putra memuaskan. Dari rekapitulasi suara, namanya hampir dipastikan melenggang ke Senayan mewakili satu kursi dari PDIP.
 
"Saya baru pertama kali menjalankan ini dan diganjar dengan suara yang begitu banyak, sampai 101.769 suara. Bagi saya dan PDIP, ini adalah suatu hubungan yang luar biasa dengan masyarakat," kata Putra saat berbincang dengan Medcom.id, Senin, 20 Mei 2019.
Putra Nababan dari Wartawan Melenggang ke Senayan
Eks Pemimpin Redaksi Metro TV itu menyebut latar belakang sebagai seorang jurnalis tak jauh berbeda dengan politikus. Hal itu mengingatkannya saat harus turun langsung ke lapangan untuk meliput suatu peristiwa. Kerja jurnalistik juga kerap bertemu masyarakat banyak.
 
"Dalam keseharian, kita (sebagai politikus) berdialog dengan masyarakat, kita bertemu dengan masyarakat. Mirip-mirip tugas wartawan," jelas Putra.
 
Perbedaannya, kini sebagai politikus ia lebih banyak mendengar ketimbang bertanya. Komunikasi dengan masyakarat terkait program-program yang telah dilakukan pemerintah dan program-program yang ditawarkan partai.
 
"Intinya dialog dengan masyarakat mirip dengan waktu kita menjadi wartawan. Bertemu langsung, turun ke bawah," ujar Putra.
Putra Nababan dari Wartawan Melenggang ke Senayan
Berlatar belakang sebagai seorang jurnalis, Putra ingin membuktikan kalau jurnalis bisa terjun di dunia politik. Memberikan kritik yang membangun dan solutif bukan lagi dituangkan ke dalam tulisan maupun produk berita, tetapi berkontribusi langsung di parlemen.
 
"Itu yang membuktikan kita sebagai wartawan, yakni bisa berprestasi di bidang politik," pungkas dia.
Putra Nababan dari Wartawan Melenggang ke Senayan
 

(REN)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif