Ketua KPU Arief Budiman. ANT/Hafidz Mubarak.
Ketua KPU Arief Budiman. ANT/Hafidz Mubarak.

KPU Bahas Draf Pilkada Serentak 2020 bersama Komisi II

Pemilu PIlkada Serentak 2020
Fachri Audhia Hafiez • 08 Juli 2019 15:39
Jakarta: Komisi Pemilihan Umum (KPU) menggelar rapat konsultasi bersama pemerintah dan Komisi II DPR terkait pelaksanaan Pilkada Serentak 2020. KPU bersama legislator membahas draf Peraturan KPU (PKPU) mengenai penyelenggaraan Pilkada Serentak 2020.
 
"Hari ini hanya satu agenda kita akan membahas draf PKPU tentang tahapan pemilihan kepala daerah tahun 2020," kata Ketua KPU Arief Budiman di Kompleks DPR, Senayan, Jakarta, Senin, 8 Juli 2019.
 
Arief mengatakan PKPU ini berisi jadwal penyelenggaraan setiap tahapan Pilkada Serentak 2020. Aturan ini diharapkan jadi acuan bagi semua pihak dalam penyelenggaran pilkada.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Arief menegaskan KPU selalu transparan dalam menyusun PKPU. Pembahasan PKPU telah melalui rapat pleno, uji publik, dan menerima masukan dari pihak lain.
 
"Kemudian hari ini kita lakukan rapat konsultasi dengan pemerintah dan DPR. Kalau tidak ada masukan yang harus membuat KPU merubah atau memyempurnakan maka kita lanjutkan nanti dengan pengundangan," ujar Arief.
 
Baca: Putusan Sengketa Pileg Tetap Dibacakan Sembilan Hakim MK
 
KPU berharap rancangan PKPU dapat disahkan secepatnya. Pasalnya banyak hal yang perlu dipersiapkan setelah itu.
 
"Karena peserta pemilu kan nanti akan merancang. Kalau gitu saya kapan harus melakukan rapat internal, kapan harus berkoalisi. Nah bagi KPU juga penting, kapan harus membuat rencana kegiatan dan menyusun anggaran, dan kapan harus mulai tersedia. Ini penting juga bagi pemerintah daerah," ujar Arief.
 
Selain dari KPU dan Komisi II, rapat juga dihadiri perwakilan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) dan perwakilan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri). Pilkada serentak bakal digelar 23 September 2020 di 270 daerah, rinciannya adalah 9 provinsi, 224 kabupaten, dan 37 kota.

 

(DRI)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif