Ahli hukum tata negara, Bivitri Susanti - Medcom.id/Ilham Pratama Putra.
Ahli hukum tata negara, Bivitri Susanti - Medcom.id/Ilham Pratama Putra.

Mahkamah Konstitusi Diyakini Netral

Pemilu Sidang Sengketa Pilpres 2019
Ilham Pratama Putra • 13 Juni 2019 15:38
Jakarta: Mahkamah Konstitusi (MK) akan menggelar sidang perkara perselisihan hasil pemilihan umum (PHPU) untuk Pemilihan presiden (Pilprs) 2019. MK diyakini netral.
 
"Jelas kalau pertanyaannya soal netralitas, saya sering mengamati, netral kok saya amati sejak sangketa Pilkada Jawa Timur 2008. Mereka sembilan orang dipilih oleh tiga lembaga. Yaitu Mahkamah Agung, DPR dan Pemerintah," kata ahli hukum tata negara, Bivitri Susanti di Kantor Forum Masyarakat Peduli Parlemen Indonesia (Formappi), Jakarta Timur, Kamis, 13 Juni 2019.
 
Lantaran itu, sebut dia, MK tak akan bisa diintervensi. Bahkan, tekanan massa seperti aksi 21-22 Mei lalu tidak akan berpengaruh.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Yang jelas kita baru lihat permohonannya, dan kita tinggal mengikuti sidangnya, segala alat bukti dan saksi. Jadi kita tinggal menunggu semua dalil dari pemohon untuk dibuktikan," kata Bivitri.
 
MK menggelar sidang pendahuluan Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU) untuk Pemilihan presiden (pilpres) pada Jumat, 14 Juni 2019. MK akan memutus sidag gugatan sengketa pilpres pada Jumat, 28 Juni 2019.
 
Sementara, sidang gugatan pemilihan legislatif (pileg), MK baru meregistrasi permohonan pada Senin, 1 Juli 2019. Sidang gugatan pileg ditargetkan tuntas pada Jumat, 9 Agustus 2019.
 
(Baca juga:Sandiaga Percaya MK Independen)

 

(REN)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif