Komisioner KPU Pramono Ubaid Tanthowi. Foto: Medcom.id/Santa Cicilia Sinabariba
Komisioner KPU Pramono Ubaid Tanthowi. Foto: Medcom.id/Santa Cicilia Sinabariba

Tak Punya KTP-el Tetap Bisa Nyoblos

Pemilu pemilu serentak 2019
07 Januari 2019 12:31
Jakarta: Komisi Pemilihan Umum (KPU) memastikan masyarakat yang belum mendapatkan KTP elektronik (KTP-el) tetap dapat mencoblos di Pemilu 2019. Dinas kependudukan dan pencatatan sipil (disdukcapil) di daerah bakal didorong menerbitkan KTP-el bagi warga yang sudah terdaftar di daftar pemilih tetap (DPT).

"Jadi tetap kita lindungi hak pilih semua warga negara yang sudah memenuhi syarat meskipun mereka belum memiliki KTP-el. Itu bagian dari tugas disdukcapil untuk melengkapi administrasi," kata Komisioner KPU Pramono Ubaid Tanthowi di Gedung KPK, Senin, 7 Januari 2019.

Menurut dia, KPU juga terus mendata dan menyosialisasikan agar warga yang sudah memiliki surat keterangan (suket) dan rekam data KTP-el untuk segera mencetaknya. Namun, bagi masyarakat yang tidak sempat mencetak KTP-el, KPU tetap mempersilakan untuk menyoblos dengan persyaratan yang berlaku.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?



Baca: Patra M Zen Tak Gentar Melawan Petahana "Waktu kita masih panjang sampai 17 Maret. Untuk pendataan selama ini enggak ada masalah. Tapi, sampai nanti 17 Maret maka, sepanjang undang-undang belum diubah atau dari KPU-nya ditegaskan diperbolehkan, maka harus dipenuhi dulu persyaratannya," ujar Pramono.

Selain itu, Pramono mengungkapkan masyarakat yang sudah memenuhi hak pilih, tetapi belum masuk DPT akan dimasukkan ke kategori daftar pemilih khusus (DPK). KPU berupaya tidak menghilangkan hak mereka sebagai warga negara. "Itu diatur juga di dalam undang-undang," ujar dia. (Santa Cicilia Sinabariba)




(OGI)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi