Petugas KPU menyiapkan peralatan untuk acara Validasi dan Persetujuan Surat Suara Anggota DPR, Presiden dan Wakil Presiden di kantor Pusat KPU, Jakarta. (Foto: ANTARA/Muhammad Adimaja)
Petugas KPU menyiapkan peralatan untuk acara Validasi dan Persetujuan Surat Suara Anggota DPR, Presiden dan Wakil Presiden di kantor Pusat KPU, Jakarta. (Foto: ANTARA/Muhammad Adimaja)

Debat Perdana Pilpres Dibagi Enam Segmen

Pemilu pilpres 2019 pemilu serentak 2019
Faisal Abdalla • 08 Januari 2019 05:05
Jakarta: Komisi Pemilihan Umum (KPU) menggelar debat perdana pilpres 2019, Kamis 17 Januari 2019. Debat perdana bakal dibagi ke dalam enam segmen.

"Durasi total debat perdana pilpres 2019, 89 menit 55 detik," kata Komisioner KPU Wahyu Setiawan di Gedung KPU, Jakarta, Senin, 7 Januari 2019.

Debat perdana pilpres diawali dengan pembukaan oleh KPU. Durasi segmen pembuka ditetapkan selama 2 menit.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?



Setelah itu, kata Wahyu, kedua pasangan calon presiden dan wakil presiden dipersilakan memaparkan visi-misi. Setiap paslon diberi durasi selama enam menit.  "Setelah itu dilanjutkan pendalaman visi-misi bidang hukum dan HAM melalui pertanyaan yang disampaikan moderator dengan durasi 15 menit 30 detik," lanjut Wahyu.

(Baca: KPU Persilakan Paslon Menyosialisasikan Visi Misi)

Visi-misi paslon di bidang korupsi dan terorisme akan didalami pada segmen selanjutnya dengan durasi yang sama. Seiap paslon akan diberi satu pertanyaan terbuka di masing-masing tema.

Pada sesi pertanyaan terbuka, paslon belum diperkenankan saling menanggapi jawaban paslon lain. "Paslon diberi waktu tiga menit untuk menjawab setiap pertanyaan," ucap dia.

"Tentu saja antara pertanyaannya dan menjawab kan durasinya lebih banyak yang menjawab ya," timpal Wahyu. 

Setelah itu, terdapat sesi debat dan saling bertanya antar paslon pada segmen ke empat dan ke lima dengan durasi masing-masing 13 menit. Di sesi ini, paslon baru diperkenankan untuk saling menanggapi jawaban dari paslon lain. 

"Debat ditutup dengan closing statement, masing-masing paslon diberi waktu tiga menit untuk menyampaikan pernyataan penutup," pungkas Wahyu.


(JMS)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi