Wapres Jusuf Kalla. Foto: Medcom.id/Achmad Zulfikar Fazli.
Wapres Jusuf Kalla. Foto: Medcom.id/Achmad Zulfikar Fazli.

Ma'ruf dan Sandi Diharapkan Menyuguhkan Pertarungan Menarik

Pemilu debat capres cawapres
Achmad Zulfikar Fazli • 17 Maret 2019 15:43
Bandung: Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) yakin para calon wakil presiden, Ma'ruf Amin dan Sandiaga Uno sudah memiliki persiapan matang untuk bertarung dalam debat ketiga. Ma'ruf dan Sandi diharapkan dapat menyuguhkan pertunjukan yang menarik dalam adu gagasan ini.
 
"Saya kira kedua-duanya siap. Tapi ya kita tunggu saja. Mudah-mudahan menarik," kata JK di Hotel Horison, Bandung, Jawa Barat, Minggu, 17 Maret 2019.
 
Dia mengaku tak memberikan saran apapun kepada Ma'ruf dalam debat ini. Sebab, itu semua sudah ditangani oleh Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Ma'ruf. "Itu ada timnya sendiri," ucap dia.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Dia juga belum bisa memprediksi apakah Ma'ruf bisa unggul atau tidak dalam debat ini. Dia meminta semua pihak untuk mendengarkan dengan saksama jawaban-jawaban kedua cawapres dalam debat nanti.
 
"Ya kita lihat saja. Sabar-sabarlah tunggu beberapa jam lagi," ujar Ketua Dewan Pengarah TKN Jokowi-Ma'ruf itu.
 
Baca: Daftar Pertanyaan Debat Cawapres Diserahkan Sore Ini
 
Komisi Pemilihan Umum (KPU) menggelar debat ketiga pemilihan presiden (pilpres) 2019 malam ini, Minggu, 17 Maret 2019. Debat ketiga hanya akan mempertemukan dua kandidat calon wakil presiden.
 
Debat ketiga merupakan satu-satunya debat yang hanya mempertemukan dua kandidat cawapres. Adu gagasan ini membahas tema pendidikan, kesehatan, ketenagakerjaan, sosial dan budaya.
 
Debat akan dimulai pukul 20.00 WIB. Berdasarkan susunan acara yang dirilis KPU, debat cawapres terbagi ke dalam enam segmen.
 
Segmen pertama dibuka dengan pemaparan visi-misi. Masing-masing kandidat diberi jatah waktu empat menit untuk memaparkan visi misi. Durasi pemaparan visi-misi ini bertambah satu menit dibanding debat sebelumnya.
 
Segmen kedua dan ketiga merupakan sesi pendalaman visi, misi. Pada kedua segmen ini, kandidat akan menjawab pertanyaan dari daftar pertanyaan yang disusun oleh sembilan orang panelis.
 
Namun demikian di sesi ini ada format berbeda dari debat-debat sebelumnya. Pada debat kali ini, kedua kandidat akan menjawab pertanyaan yang sama.
 
Segmen ke empat dan ke lima merupakan format debat langsung antarkandidat. Tiap segmen dibagi dalam dua sesi debat langsung. Pada sesi ini, moderator tak akan menyampaikan pertanyaan dari panelis. Kandidat akan saling langsung bertanya dan menjawab.
 
Segmen keenam merupakan segmen penutup. Pada segmen ini masing-masing kandidat dipersilakan menyampaikan pernyataan penutup (closing statement). Setiap kandidat diberi durasi selama empat menit untuk menyampaikan pernyataan penutup.
 
Total keseluruhan durasi debat ketiga selama 1 jam 50 menit. Debat direncanakan berakhir pukul 22.20 WIB.
 

(YDH)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif