Pengamat Politik Indonesia Public Insitute (IPI)  Karyono Wibowo (paling kiri)  - Medcom.id/Candra Yuri Nuralam.
Pengamat Politik Indonesia Public Insitute (IPI) Karyono Wibowo (paling kiri) - Medcom.id/Candra Yuri Nuralam.

Pengamat: Infrastruktur Langit Melambungkan Ma'ruf Amin

Pemilu debat capres cawapres pilpres 2019 maruf amin
Candra Yuri Nuralam • 19 Maret 2019 18:35
Jakarta: Calon wakil presiden nomor urut 01 Ma'ruf Amin membuat publik tercengang saat debat ketiga. Ma'ruf memamerkan keunggulannya saat melawan Sandiaga Uno.
 
"Ma'ruf Amin memberikan kita kejutan. Dia berhasil mematahkan pemikiran masyarakat yang mengatakan dia kurang memadai," kata Pengamat Politik Indonesia Public Insitute (IPI) Karyono Wibowo di Matraman, Jakarta Pusat, Selasa, 19 Maret 2019.
 
Karyono menilai cara penyampaian mantan Rais Aam PBNU itu sangat memuaskan. Ma'ruf, kata Karyono, bisa memukau publik dengan menyatukan agama dengan program pemerintahan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Dari penguasaan materi ternyata dia memiliki referensi ilmu pengetahuan yang cukup di seluruh tema. Bahkan narasinya membuat penonton puas," ujar Karyono.
 
Program yang dipaparkan Ma'ruf juga dinilai unggul dibanding rivalnya, Sandiaga Uno. Ma'ruf, kata Karyono, memikirkan perkembangan era Industri 4.0 ketimbang Sandi yang hanya fokus kepada pekerja lulusan SMK.
 
(Baca juga:Survei: Ma'ruf Amin Pukau Warganet)
 
"Infrastruktur langit contohnya yang membuat Pak Ma'ruf Amin membuktikan bahwa dia mengetahui dengan perkembangan zaman era digital," tutur Karyono.
 
Karyono menambahkan paparan infrastruktur langit oleh Ma'ruf bisa membuat Indonesia bergerak lebih maju. Pengetahuan Ma'ruf, lanjutnya, mengalahkan calon presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto.
 
"Konsep infrastruktur langitnya Ma'ruf itu bisa membuat dunia digital kita maju. Unicorn dan Decacorn kita bisa meningkat. Bahkan pak Ma'ruf lebih paham ketimbang Prabowo," kata Karyono.
 
Karyono menilai Ma'ruf Amin memenangkan debat ketiga melawan Sandiaga. Performa Ma'ruf mengalahkan Sandi yang digadang-gadang mencuri pandangan kaum milenial.
 
"Ma'ruf Amin bisa menutupi pemilih milenial yang biasanya melihat dari tampilan. Di mana dia menawarkan program yang disukai dan memberi harapan kaum muda," ujar Karyono.
 
(Baca juga:Visi Misi Ma'ruf Soal Kesehatan Dinilai Lebih Realistis)

 

(REN)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif