Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Hasyim Asy'ari--MI/ M Irfan
Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Hasyim Asy'ari--MI/ M Irfan

Peserta Pemilu Dilarang Terima Sumbangan dari Pihak Asing

Pemilu pilpres 2019 pemilu serentak 2019
Faisal Abdalla • 02 Januari 2019 12:39
Jakarta: Komisi Pemilihan Umum (KPU) meminta peserta Pemilu 2019 menyerahkan laporan penerimaan sumbangan dana kampanye (LPSDK). Dalam laporannya, peserta pemilu dilarang menerima dana sumbangan kampanye dari pihak asing.
 
"Dari segi siapa pihak yang dilarang memberi sumbangan, itu yang pertama adalah pihak asing," kata Komisioner KPU, Hasyim Asyari di Gedung KPU, Jalan Imam Bonjol, Menteng, Jakarta Pusat, Rabu, 2 Januari 2018.
 
Hasyim merinci yang dimaksud pihak asing adalah warga negara asing perseorangan, ormas maupun lembaga swadaya masyarakat (LSM) asing, perusahaan asing, hingga pemerintah negara asing.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Baca: KPU Akan Batasi Sumbangan Dana Kampanye
 
Bagi perusahaan yang kepemilikan sahamnya dipegang pihak luar negeri dan dalam negeri. Maka akan perusahaan yang boleh menyumbang adalah perusahaan yang 50 persen lebih sahamnya dipegang pihak dalam negeri.
 
"Bagi perusahaan yang 50 persen lebih sahamnya dipegang pihak asing itu dikategorikan perusahaan asing," ujar Hasyim.
 
Selain pihak asing, sumbangan dana kampanye kepada peserta pemilu juga tidak boleh berasal dari APBN, APBD maupun BUMN, BUMD, dan BUMDes.
 
KPU memberi batas penyerahan LPSDK hingga pukul 18.00 hari ini. LPSDK diserahkan peserta pemilu sesuai tingkatannya. Mulai dari tingkat nasional di KPU RI, tingkat Provinsi di KPU Provinsi, dan tingkat Kabupaten/Kota di KPU Kabupaten/Kota.
 

(YDH)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif