Calon Wakil Presiden nomor urut 01 Ma'ruf Amin (kiri) menerima kunjungan adik Presiden Indonesia keempat Abdurrahman Wahid, Lily Chodidjah Wahid. Foto: MI/Rommy Pujianto.
Calon Wakil Presiden nomor urut 01 Ma'ruf Amin (kiri) menerima kunjungan adik Presiden Indonesia keempat Abdurrahman Wahid, Lily Chodidjah Wahid. Foto: MI/Rommy Pujianto.

Lily Wahid: Ma'ruf Amin dan Gus Dur Punya Kesamaan

Pemilu pilpres 2019 Jokowi-Ma`ruf
Candra Yuri Nuralam • 01 Januari 2019 05:54
Jakarta: Adik kandung Presiden ke-4 RI Abdurrahman Wahid alias Gus Dur, Lily Chodidjah Wahid mengakui calon wakil presiden nomor urut 01 Ma'ruf Amin memiliki pemikiran yang sama dengan kakaknya. Keduanya sama-sama memikirkan ekonomi kerakyatan.
 
"Saya melihat beliau berdua memiliki pemikiran yang sama tentang ekonomi kerakyatan," ujar Lily di kediaman Ma'ruf Amin, Jalan Situbondo, Menteng, Jakarta Pusat, Senin, 31 Desember 2018.
 
Menurut dia, arus baru ekonomi Indonesia yang digagas Ma'ruf berkaitan dengan koperasi pesantren yang menjadi pemikiran Gus Dur. "Arus baru kiai ini kita ingin nyambung kembali menjadi kekuatan akar rumput. Berbicara ekonomi pesantren itu, tidak bisa jika tidak bicara akar rumput," katanya menegaskan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Selain soal ekonomi kerakyatan, tambah Lily, keduanya juga memiliki kesamaan terhadap kontruksi cara berpikir. Ma'ruf dan Gusdur disebut memiliki kesamaan dalam sikap optimisme dalam memecahkan suatu masalah.
 
"Beliau berdua sama-sama bukan menganggap gampang, tapi semuanya akan berjalan, optimisme akan berjalan baik dan sama keyakinannya hal tersebut buat Indonesia itu sama," tutur Lily.
 
Sementara itu, Ma'ruf menyebut hubungan antara dirinya dengan Lily sangat dekat. Keduanya, aku Ma'ruf, sering bertemu sewaktu di Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU).
 
"Kalau ketemu kita cerita-cerita lucu-lucu mengenang masa lalu, karena memang di NU itu kalau kita biasa di NU suka ada gegeran, berbeda pendapat tapi diselesaikannya dengan ger geran. Sambil ketawa selesai," ungkap Ma'ruf.
 

(HUS)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif