Sekjen Partai NasDem Johnny G Plate - Medcom.id/Fajar Nugraha
Sekjen Partai NasDem Johnny G Plate - Medcom.id/Fajar Nugraha

Inkonsistensi Kebijakan Prabowo Dinilai Merusak Akal Sehat

Pemilu impor pilpres 2019
Arga sumantri • 25 Maret 2019 15:21
Jakarta: Wakil Ketua Tim Kampanye Nasional (TKN) Joko Widodo-Ma'ruf Amin Johnny G Plate menilai Prabowo Subianto inkonsisten, khususnya soal impor. Inkonsistensi ini dinilai bisa merusak akal sehat.
 
"Kami menilai pernyataan Prabowo yang siap melakukan impor merupakan bentuk inkonsistensi pernyataan dirinya setelah sebelumnya mengatakan impor sebagai suatu hal yang 'haram'," kata Johnny di Jakarta, Senin, 25 Maret 2019.
 
Bagi Johnny, pernyataan ini mengindikasikan kebijakan impor Prabowo meniru Jokowi. Selama ini pemerintah melakukan impor bertujuan menjaga kelangkaan bahan kebutuhan di pasaran yang berujung kepada stabilitas harga secara nasional.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Politikus Partai NasDem itu mengatakan Prabowo dan timnya tidak dapat mengingkari fakta bahwa tidak semua kebutuhan dapat dipenuhi oleh kemampuam negeri Indonesia. Johnny menyebut, realitas ini sebenarnya sudah dibaca Jokowi selama memimpin negara.
 
"Hal tersebut (inkonsistensi) bisa terjadi karena baik Prabowo maupun Sandi tidak memiliki pengalaman secara menyeluruh di level pemerintahan," tegasnya.
 
Baca: Fadli Zon Akui Indonesia Tak Bisa Lepas dari Impor
 
Plate menjelaskan, nilai Impor Indonesia sejatinya terus menurun selama pemerintahan Jokowi. Situasi ini bersamaan dengan peningkatan kapasitas produksi nasional demi terciptanya kestabilan harga untuk masyarakat.
 
Data Badan Pusat Statistik (BPS) pada Januari 2019, misalnya, menyebutkan nilai impor Indonesia mencapai US$15,03 miliar atau turun 2,19 persen dibanding Desember 2018. Demikian pula jika dibandingkan Januari 2018, yang turun 1,83 persen.
 
Prabowo Subianto kembali menyinggung soal impor. Ia mengatakan jika terpilih nanti dia tidak akan mengizinkan impor.
 
"Saya dengan tim kami Koalisi Indonesia Adil Makmur bertekad membentuk pemerintah yang akan membela rakyat Indonesia. Kami tidak izinkan impor kecuali dalam keadaan yang sangat, sangat, sangat terpaksa," ujar Prabowo saat kampanye akbar di Lapangan Karebosi, Makassar, Sulawesi Selatan, Minggu, 24 Maret 2019.
 

(YDH)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif