Dua warga melakukan pengecekan data diri dalam DPT (Daftar Pemilih Tetap) Pemilu 2019 di Kantor Kelurahan Cipocok, Serang, Banten. (Foto: ANTARA/Asep Fathulrahman)
Dua warga melakukan pengecekan data diri dalam DPT (Daftar Pemilih Tetap) Pemilu 2019 di Kantor Kelurahan Cipocok, Serang, Banten. (Foto: ANTARA/Asep Fathulrahman)

KPU Pastikan Tidak Ada DPT 'Siluman'

Pemilu kpu pemilu serentak 2019
14 Desember 2018 11:28
Jakarta: Komisi Pemilihan Umum (KPU) memastikan tidak ada daftar pemilih tetap (DPT) 'siluman'. Komisioner KPU Viryan Aziz mengatakan jumlah 31 juta DPT yang sempat disebut 'tak bertuan' telah terkonfirmasi.
 
"Penting kami sampaikan bukan DPT siluman. Kalau siluman kan namanya ada orangnya tidak ada. Nah ini semuanya ada sudah terverifikasi," ujarnya dalam Metro Pagi Primetime, Jumat, 14 Desember 2018.
 
Viryan menuturkan jumlah 31 juta DPT yang belum terkonfirmasi berawal ketika Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) memberikan data kepada KPU pada 15 Desember 2017 sejumlah 196 juta yang berasal dari Daftar Penduduk Pemilih Potensial Pemilu (DP4). Setelah diproses oleh KPU didapatkanlah angka 185 juta.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Angka 185 juta tersebut kemudian dilakukan padanan dengan data yang ada di Ditjen Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil). Setelah dilakukan analisis dari dua data tersebut, pemilih yang datanya sama persis hanya 160 juta.
 
"Dari jumlah itu ada selisih 36 juta. Lima juta termasuk data anomali dan 31 juta ini yang menurut Dukcapil ada di DP4 tapi tidak ada di DPT KPU," kata dia.
 
Menangani data 31 juta data pemilih yang belum masuk DPT, kata Viryan, KPU langsung turun melakukan pengecekan di lapangan. Hasilnya memang ada data yang tidak memenuhi syarat namun hal itu sudah diatasi lewat pengecekan, verifikasi, dan coklit.
 
"Jadi hampir 100 persen sudah diselesaikan rekan kami semuanya termasuk menunjukkan beberapa foto di kampung-kampung yang didatangi memang ada yang tidak memenuhi syarat karena sudah meninggal," ungkapnya.
 
Viryan menambahkan hasil final DPT mencapai angka 190 juta. Sejak penetapan pertama dengan angka 185 juta ada peningkatan sekitar lima juta. Ia memastikan pengecekan dan verifikasi DPT dilakukan untuk melindungi hak pilih seluruh warga negara.
 
Data yang telah dikantongi KPU juga kemungkinan akan bertambah sebab masih ada DPT di luar negeri yang belum dimasukan. Ada sekitar dua juta pemilih sehingga DPT total sebanyak 192 juta pemilih.
 
"Insyaallah selesai pagi ini. Rekap provinsi siang ini besok kita lakukan rekap nasional," pungkasnya.
 

 

(MEL)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif