Sekjen Partai NasDem Johnny G Plate - Medcom.id/Fajar Nugraha
Sekjen Partai NasDem Johnny G Plate - Medcom.id/Fajar Nugraha

NasDem Tak Ambil Pusing Relawan Begadang di TPS

Pemilu pilpres 2019 Jokowi-Ma`ruf Prabowo-Sandi
M Sholahadhin Azhar • 14 Januari 2019 14:09
Jakarta: Sekretaris Jenderal Partai NasDem Johnny G Plate tak ambil pusing soal arahan calon presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto kepada relawan. Prabowo yang menyuruh relawan tidur di Tempat Pemungutan Suara (TPS) sah-sah saja menurut Plate.
 
"Mau tidur boleh, mau enggak tidur juga boleh," ujar Plate di Jakarta, Senin, 14 Januari 2019.
 
Menurutnya, arahan Prabowo memang patut diutarakan. Terutama untuk menjaga suara dari kubu 02. Plate sendiri enggan berspekulasi mengenai maksud perintah Prabowo itu.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Yang jelas, Plate menyebut pihaknya tak akan mengerahkan relawan seperti Prabowo. Sebab tujuan utama pengerahan relawan adalah menjaga pemilihan umum yang tertib.
 
"Bukan soal tidurnya, tapi perlu mengawal TPS, agar hasil pemilu di TPS itu tercatat, terdokumentasi dan dihitung dengan baik," imbuh Plate.
 
Baca: Pengawas TPS Dibentuk 23 Hari Jelang Pencoblosan
 
Lebih lanjut Plate juga menyinggung tugas pokok dan fungsi relawan. Menurutnya, sah saja jika mereka ikut mengawasi, namun tugas tersebut sudah menjadi kewajiban saksi.
 
Dalam UU Nomor 7 Tahun 2017, kata Plate, sudah diatur bagaimana para saksi pemilu mengawasi berjalannya pengambilan suara. Sehingga terkait hal ini, lebih pas memberi pengarahan pasa saksi. KPU dan Bawaslu juga satu pemikiran terkait hal ini.
 
"Makanya ditambah saksi dari Bawaslu, saksi pengawas untuk memastikan pemilu berjalan dengan baik," sebut Plate.
 
Seperti diketahui, capres 02 Prabowo Subianto meminta relawan untuk berjuang menjaga pemilu 2019. Saat bertemu di Roemah Djoeang, ia mengarahkan relawan menginap di TPS sebagai bentuk totalitas.
 
"Kalau terpaksa kalian bawa rantang ke TPS, bawa tikar, sekalian piknik di situ. Kalau perlu tidur sampai selesai untuk negara," kata Prabowo dalam acara Kopdar Simpul Relawan di Roemah Djoeang, di Jakarta, Minggu, 13 Januari 2019.
 

(YDH)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi