Ketua BPN Prabowo Subianto-Sandiaga Uno, Djoko Santoso dalam diskusi di Jakarta Selatan. Medcom.id/Whisnu Mardiansyah
Ketua BPN Prabowo Subianto-Sandiaga Uno, Djoko Santoso dalam diskusi di Jakarta Selatan. Medcom.id/Whisnu Mardiansyah

Kubu Prabowo Dukung Mitigasi Bencana Jadi Materi Debat

Pemilu debat capres Prabowo-Sandi Mitigasi Bencana
Theofilus Ifan Sucipto • 28 Desember 2018 02:32
Jakarta: Ketua Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandiaga, Djoko Santoso mendukung isu mitigasi bencana menjadi salah satu tema debat Pilpres 2019. Isu itu diyakini bermanfaat bagi masyarakat.

Menurut Djoko, pemimpin harus memiliki konsep pembangunan ramah terhadap bencana. Dengan begitu, negara siap manakala bencana melanda. 

"Kita bisa melahirkan pemikiran yang baik tentang bagaimana kita menghadapi bencana. Saya kira bagus," kata Djoko dalam diskusi di Jakarta Selatan, Kamis, 27 Desember 2018.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?



Djoko mengaku sudah menyiapkan materi jika memang isu mitigasi bencana diangkat menjadi tema debat Pilpres. Kubu Prabowo juga siap memaparkan cara penanganan bencana yang baik. Misalnya, melalui pendidikan khusus mitigasi bencana.  "Setahu saya di Universitas Pertahanan sudah ada disaster management yang di daerah-daerah lain saya kira masih perlu, dan juga latihan-latihan demikian juga pendidikan masyarakat," ujarnya.

Djoko juga membandingkan pendidikan penanganan bencana antara Indonesia dengan Jepang. Menurut dia, respons masyarakat Jepang terhadap bencana sudah lebih baik. 

"Kalau di Jepang sudah ada kalau ada gempa bagaimana harus masuk di bawah kolong meja. Kalau ada tsunami larinya ke mana, jadi masyarakat juga harus dididik mengantisipasi," jelasnya

Selain itu, ia juga menilai masih ada sejumlah hal terkait mitigasi bencana yang perlu diperbaiki Indonesia,. Misalnya, soal sistem peringatan dini. "Memang banyak hal yang kita harus perbaiki lah untuk meningkatkan kualitas kemampuan kita menghadapi bencana," ungkapnya.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI sekatinya telah memutuskan lima tema debat pada Pilpres 2019. Keputusan itu disepakati oleh KPU bersama tim kampanye masing-masing pasangan calon.

Debat pertama yang rencananya digelar 17 Januari 2019 rencananya akan mengangkat tema Hukum, Hak Asasi Manusia (HAM), korupsi, dan terorisme. Debat berikutnya akan mengangkat isu ekonomi, energi dan pangan, sumber daya alam dan lingkungan hidup, serta infrastruktur. 

Debat sesi ketiga mengangkat isu pendidikan, kesehatan, ketenagakerjaan, sosial dan kebudayaan. Tema debat keempat yakni ideologi, pemerintahan, pertahanan dan keamanan, dan hubungan Internasional.

Debat terakhir akan mengangkat isu ekonomi dan kesejahteraan sosial, keuangan dan investasi, serta perdagangan dan industri.


(AGA)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi