Wakil Ketua  DPR Fadli Zon/MI/Susanto
Wakil Ketua DPR Fadli Zon/MI/Susanto

Debat Tanpa Kisi-kisi Dianggap Lebih Autentik

Pemilu debat capres cawapres pilpres 2019
Whisnu Mardiansyah • 21 Januari 2019 13:13
Jakarta: Wakil Ketua DPR RI Fadli Zon sepakat debat kedua Pilpres 2019 tanpa kisi-kisi. Debat akan berjalan lebih autentik dan enak ditonton.
 
"Saya kira masyarakat ingin melihat pemikiran pemikiran yang autentik dari kandidat. Karena itu enggak boleh, enggak usah, lagi ada kisi-kisi," tegas Fadli di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta Pusat, Senin, 21 Januari 2019.
 
Baca: TKN Lebih Suka Tak Ada Kisi-kisi Debat

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Wakil ketua umum Gerindra itu juga menyarankan pasangan calon tidak diperkenankan membawa 'contekan'. Komisi Pemilihan Umum (KPU) cukup menyediakan kertas kosong bila dibutuhkan untuk mencatat.
 
"Kita ingin melihat pemikiran yang autentik, apa sih yang sebetulnya dipikirkan. Supaya rakyat bisa menilai dan bisa tahu ini program-programnya, ini visi misinya. Bukan visi misi atau program yang dibuatkan oleh konsultan," jelas dia.
 
Baca: Kisi-kisi Menyulitkan Publik Menilai Capres Cawapres
 
KPU mengevaluasi pelaksanaan debat perdana Kamis, 17 Januari 2019. Adanya kisi-kisi menjadi salah satu yang menjadi polemik karena debat terkesan tak menarik.
 
Masing-masing paslon dianggap terlalu terpaku dengan hal-hal yang sebelumnya telah dilatih, bahkan mungkin dihafalkan. Kisi-kisi diputuskan tak diberikan lagi pada debat kedua.
 

(OJE)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi