Pasangan capres-cawapres nomor urut 01 Joko Widodo dan Ma'ruf Amin mengikuti debat pertama Pilpres 2019, di Hotel Bidakara, Jakarta. (Foto: MI/Ramdani)
Pasangan capres-cawapres nomor urut 01 Joko Widodo dan Ma'ruf Amin mengikuti debat pertama Pilpres 2019, di Hotel Bidakara, Jakarta. (Foto: MI/Ramdani)

TKN: Ma'ruf Amin Ahlinya Debat

Pemilu debat capres cawapres pilpres 2019
19 Januari 2019 09:28
Jakarta: Dewan penasehat Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Maruf Romahurmuziy menilai wajar porsi untuk Ma'ruf Amin dalam debat perdana lebih kecil ketimbang Joko Widodo. Ia menjelaskan debat perdana memang diperuntukkan bagi calon presiden sehingga keberadaan calon wakil presiden hanya untuk melengkapi.
 
"Jadi memang mestinya porsinya lebih sedikit dari calon presiden. Tapi kalau bicara debat, Kyai Ma'ruf itu ahlinya debat," ujarnya dalam Primetime News Metro TV, Jumat, 18 Januari 2019.
 
Romi mengatakan di lingkungan Nahdlatul Ulama (NU) ada yang disebut dengan bahtsul masail yang notabene debat terkait masalah-masalah dalam Islam terutama fikih. Dalam forum itu Ma'ruf terbiasa berdebat dengan sesama kyai.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Hanya saja waktu yang diberikan untuk debat kandidat Pilpres 2019 dengan perdebatan antarkyai jauh berbeda. Sempitnya waktu dalam debat kandidat membuat calon presiden maupun calon wakil presiden harus mampu mengelola waktu agar inti dari pembicaraan bisa tersampaikan.
 
"Persoalannya kan bagaimana mengantarkan sebuah pesan dalam waktu singkat dengan bahasa yang sangat bernas," kata dia.
 
Selain itu peran Ma'ruf yang tidak terlalu menonjol juga merupakan perwujudan sikap hormat seorang calon wakil presiden terhadap pemimpinnya. Karena itu tak aneh jika tanggapan Ma'ruf lebih banyak menyetujui dan mendukung apa yang disampaikan oleh Jokowi.
 
"Tapi apa pun itu kami merasa puas dengan apa yang dilakukan Jokowipada debat pertama. Dari esensi, dari argumentasi sudah pas," jelas dia.
 

 

(MEL)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif