Presiden Jokowi (kedua dari kanan) meresmikan Bendungan Rotiklot di Kabupaten Belu, NTT. Foto: Medcom.id/Damar Iradat
Presiden Jokowi (kedua dari kanan) meresmikan Bendungan Rotiklot di Kabupaten Belu, NTT. Foto: Medcom.id/Damar Iradat

Jokowi Berteka-teki Jelang Pengumuman Pemenang Pilpres

Pemilu pilpres 2019 pemilu serentak 2019
Damar Iradat • 20 Mei 2019 20:39
Belu: Calon presiden petahana Joko Widodo (Jokowi) mengaku tak akan memantau langsung pengumuman hasil rekapitulasi suara Pemilu 2019 yang akan dilakukan Komisi Pemilihan Umum (KPU) pada Rabu, 22 Mei 2019. Ia menyerahkan semua keputusan ke KPU.
 
"Masa pakai dipantau. Kan sudah diumumkan oleh KPU, artinya sudah jelas, terang benderang, siapa yang menang, siapa yang kalah," kata Jokowi usai meresmikan Bendungan Rotiklot, di Kabupaten Belu, Nusa Tenggara Timur (NTT), Senin, 20 Mei 2019.
 
Saat dikonfirmasi apakah ia akan melihat informasi hasil rekapitulasi suara dari kediamannya di Kompleks Istana Kepresidenan Bogor, Jokowi tak menjawab tegas. Menurutnya, melihat pengumuman KPU bisa dari mana saja.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Bisa di mana-mana," kata dia sembari tertawa.
 
Jokowi kembali maju pada Pilpres 2019. Kali ini ia menggandeng Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Ma'ruf Amin sebagai calon wakil presidennya. Sementara, lawannya, Prabowo Subianto menggandeng Sandiaga Uno dalam laga keduanya sebagai calon presiden.
 
Komisi Pemilihan Umum (KPU) telah menetapkan rekapitulasi hasil penghitungan suara tingkat nasional dalam negeri untuk sejumlah provinsi. Hingga Minggu, 19 Mei 2019, rekapitulasi suara di 30 provinsi telah ditetapkan.
 
Baca: Polri Tambah Penjagaan di KPU
 
Hasil sementara, Jokowi-Ma'ruf unggul di 18 provinsi. Pasangan nomor urut 01 itu menang di beberapa wilayah seperti Bali, DIY, Sulawesi Utara, dan NTT. Sementara itu, Prabowo-Sandiaga Uno menang di 12 provinsi. Di antaranya di Bengkulu, Kalimantan Selatan, dan Maluku Utara.
 
KPU menargetkan rekapitulasi penghitungan suara nasional rampung tepat waktu. Namun, KPU menyatakan tak menutup kemungkinan jika rekapitulasi selesai lebih cepat dari batas waktu yang ditentukan.
 

(UWA)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif