Kadiv Humas Mabes Polri M Iqbal. Medcom.id/Octavianus Dwi Sutrisno.
Kadiv Humas Mabes Polri M Iqbal. Medcom.id/Octavianus Dwi Sutrisno.

Pengamanan Strategis Dilakukan untuk Debat Cawapres Malam Nanti

Pemilu debat capres cawapres pilpres 2019
Lukman Diah Sari • 17 Maret 2019 16:20
Jakarta: Mabes Polri telah mempersiapkan pengamanan debat calon wakil presiden (cawapres) malam nanti. Pembagian pengamanan dibagi dalam empat ring.
 
“Prinsip kita sudah siap, Polda Metro Jaya dan Mabes sudah melakukan pengamanan strategis baik secara pro aktif kita lakukan upaya proteksi cegah dini sampai pengembangan terbuka,” kata Kepala Divisi Humas Polri Irjen M Iqbal di Jakarta, Minggu, 17 Maret 2019.
 
Iqbal menuturkan, pengamanan tetap dibagi menjadi empat ring. Yakni, ring 1 oleh Paspampres, ring 2 oleh TNI-Polri, kemudian ring 3 dan ring 4 diperkuat oleh Polri. Sebanyak 5.000 personil yang dilibatkan dalam pengamanan debat cawapres. “Prinsipnya adalah Polri sudah siap. Insyaallah nanti malam aman,” tegas Iqbal.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Dia menambahkan, pihaknya juga mengantisipasi adanya serangan saat debat seperti pada debat capres kedua kala itu. Iqbal mengingatkan masyarakat tak perlu risau. “Tujuan dari mereka untuk menakut-nakuti. Kita sudah lalukan upaya,” jelasnya.
 
Debat ketiga merupakan satu-satunya debat yang hanya mempertemukan dua kandidat cawapres. Debat ini membahas tema pendidikan, kesehatan, ketenagakerjaan, sosial dan budaya.
 
Debat cawapres dimulai pukul 20.00 WIB. Berdasarkan susunan acara yang dirilis KPU, debat cawapres terbagi ke dalam enam segmen.
 
Baca: Ma'ruf dan Sandi Diharapkan Menyuguhkan Pertarungan Menarik
 
Segmen pertama dibuka dengan pemaparan visi-misi. Masing-masing kandidat diberi jatah waktu empat menit untuk memaparkan visi misi. Durasi pemaparan visi-misi ini bertambah satu menit dibanding debat sebelumnya.
 
Segmen kedua dan ketiga merupakan sesi pendalaman visi, misi. Pada kedua segmen ini, kandidat akan menjawab pertanyaan dari daftar pertanyaan yang disusun oleh sembilan orang panelis.
 
Namun di sesi ini, ada format berbeda dari debat-debat sebelumnya. Pada debat kali ini, kedua kandidat akan menjawab pertanyaan yang sama.
 
"Jadi kandidat itu mendapat pertanyaan yang sama, yang berbeda adalah waktu menjawabnya lebih duluan mana. Itu diundi, maksudnya supaya masyarakat itu mengukurnya mudah. Kalau pertanyaan berbeda maka bagaimana masyarakat bisa memperbandingkan. Ini salah satu hasil evaluasi kita dari debat kedua lalu," jelas Wahyu di Epicentrum XXI, Jumat, 15 Maret 2019.
 
Mekanismenya, kedua kandidat dipersilakan menjawab satu pertanyaan yang sama dari tim panelis. Kandidat diberi durasi waktu masing-masing dua menit untuk menjawab.
 
Setelah kedua kandidat memaparkan jawabanya, kini masing-masing kandidat dipersilakan saling menanggapi jawaban lawan. Kandidat diberi durasi waktu satu setengah menit untuk menyampaikan tanggaapan.
 
Segmen ke empat dan ke lima merupakan format debat langsung antarkandidat. Tiap segmen dibagi dalam dua sesi debat langsung. Pada sesi ini, moderator tak akan menyampaikan pertanyaan dari panelis. Kandidat akan saling langsung bertanya dan menjawab.
 
Mekanismenya, setiap kandidat diberi dua kali kesempatan mengajukan pertanyaan kepada kandidat lawan. Durasi yang diberikan untuk masing-masing sesi debat langsung adalah delapan menit.
 
Segmen keenam merupakan segmen penutup. Pada segmen ini masing-masing kandidat dipersilakan menyampaikan pernyataan penutup (closing statement). Setiap kandidat diberi durasi selama empat menit untuk menyampaikan pernyataan penutup.
 
Total keseluruhan durasi debat ketiga selama 1 jam 50 menit. Debat direncanakan berakhir pukul 22.20 WIB.
 

(YDH)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi