Kampanye pemilu damai di CFD. Foto: Medcom.id/Cindy.
Kampanye pemilu damai di CFD. Foto: Medcom.id/Cindy.

Masyarakat Harus Bersatu Usai Pemilu 2019

Pemilu pemilu serentak 2019
Lukman Diah Sari • 27 April 2019 08:47
Jakarta: Kalangan intelektual kampus suarakan agar masyarakat kembali bersatu usai Pemilu Serentak 2019. Masyarkaat diminta mengawal proses penghitungan pemilu yang dilakukan Komisi Pemilihan Umum (KPU).
 
"Masyarakat diharap tidak lagi terpolarisasi akibat kontestasi politik kemarin. Kristalisasi konflik yang terjadi di masyarakat menyebabkan situasi yang tidak kondusif, sehingga harus disudahi," ucap aktivis Dewan Eksekutif Mahasiswa UIN Jakarta (DEMA-UIN Jakarta) Sultan Rivandi, kepada wartawan, Jakarta, Sabtu, 27 April 2019.
 
Sultan berharap, politikus memberikan pendidikan dan pendewasaan politik kepada masyarakat. Sehingga suasana politik di masyarakat kembali sejuk. Dia meminta agar masyarakat tidak terprovokasi informasi yang beredar di media sosial.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Yang menjadi korban sendiri adalah rakyat, kita harus tetap mejaga perdamaian Indonesia," ucapnya.
 
Dia mengingatkan elite politik untuk tidak saling klaim kemenangan. Lantaran, penghitungan oleh KPU masih berjalan. KPU pun, minta Sultan, harus netral, jujur, dan adil sebagai pelaksana pemilu.
 
"Karena kepercayaan terhadap institusi, menentukan sikap publik. KPU harus membuktikan bahwa penghitungan dilakukan dengan jujur dan adil. Sehingga hasil pemilu dapat legitimasi masyarakat," jelasnya.
 

(LDS)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif