Pengamat intelijen dan militer Ridlwan Habib/MI/Mohamad Irfan
Pengamat intelijen dan militer Ridlwan Habib/MI/Mohamad Irfan

Senior Tak Mendukung karena Tahu Kualitas Prabowo

Pemilu pilpres 2019 Jokowi-Ma`ruf Prabowo-Sandi
11 Februari 2019 08:26
Jakarta: Deklarasi dukungan purnawirawan TNI-Polri untuk Joko Widodo-Ma'ruf Amin menjadi pukulan telak kubu Prabowo Subianto. Dalam tradisi militer, seorang senior pasti sangat mengenal juniornya karena berperan sebagai abang, kakak asuh, sekaligus pelatih bagi adik angkatannya.
 
"Banyak yang mendukung Pak Jokowi adalah jenderal yang dulu pernah menjadi atasan Prabowo. Jadi, mereka tahu benar kemampuannya," ujar pengamat intelijen dan militer Ridlwan Habib seperti dilansir Media Indonesia, Senin, 11 Februari 2019.
 
Baca: Seribu Purnawirawan TNI-Polri Deklarasi Dukung Jokowi-Ma'ruf

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Dukungan itu, terang Ridlwan, sangat menyesakkan dada kubu Prabowo. Sang senior bahkan tak percaya kepada Prabowo.
 
Deklarasi berlangsung di JI Expo Jakarta, Minggu, 10 Februari 2019. Beberapa senior Prabowo seperti Jenderal (Purn) Wismoyo Arismunandar, Jenderal (Purn) Subagyo HS, Jenderal (Purn) Fahrur Rozi, dan Jenderal (Purn) Agum Gumelar menghadiir acara tersebut. Hadir pula Mayjen (Purn) Muchdi Pr yang menggantikan Prabowo sebagai Danjen Kopassus pada 1998.
 
"Kami purnawirawan TNI-Polri menyatakan dalam semangat dan optimisme kerja nyata, kami dengan bulat mendukung Bapak Jokowi dan Bapak Ma'ruf Amin sebagai presiden dan wakil presiden melanjutkan pembangunan sesuai Nawacita kedua," ujar Laksamana TNI (Purn) Arief Koeshariadi saat membacakan deklarasi.
 
Baca: Prabowo Dinilai Tidak Bisa Samai Kinerja Jokowi
 
Seusai deklarasi, Jokowi menegaskan menjamin netralitas TNI-Polri pada Pemilu 2019. Dia menekankan masyarakat harus bisa membedakan antara purnawirawan dan anggota TN-Polri yang masih aktif.
 
"Yang namanya TNI dan Polri itu harus netral, tapi yang hadir di sini ialah para purnawirawan TNI-Polri. Tolong dibedakan," tegas Jokowi.
 
Jokowi juga menegaskan purnawirawan TNI-Polri tidak akan memengaruhi netralitas anggota aktif.
 

(OJE)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi