Ilustrasi/Medcom.id.
Ilustrasi/Medcom.id.

KPU Pastikan Hak Pilih Warga Lapas

Pemilu pileg pilpres 2019 pemilu serentak 2019
Ahmad Mustaqim • 11 Februari 2019 12:20
Yogyakarta: Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Yogyakarta melakukan sosialisasi jelang pemilu 2019 di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIA Wirogunan pada Senin, 11 Februari 2019. Lebih dari 300 warga binaan mengikuti sosialisasi itu.
 
Ketua Divisi Sosialiasisi KPU Kota Yogyakarta, Frenky Argitawan Mahendra mengatakan sosialisasi diberikan kepada warga binaan Lapas Wirogunan yang memiliki hak pilih. "Ada 300an yang mengikuti sosialisasi. Semua yang memiliki hak pilih kita sasar sebagai target sosialisasi," ujarnya.
 
Sosialisasi ini di antaranya berisi ajakan menggunakan hak pilih pada 17 April 2019. Nantinya, ada sebanyak lima jenis surat suara. Mulai dari calon anggota DPRD kabupaten/kota, DPR, DPD, hingga calon presiden dan calon wakil presiden.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Di situ kami jelaskan perbedaan surat suara. Kan penghuni Lapas (Wirogunnan) bukan hanya warga Kota Yogyakarta," kata dia.
 
Dari sosialisasi itu, KPU akan memfasilitasi pada warga binaan dengan membuat tempat pemungutan suara (TPS) di Lapas. "Sesuai regulasi, setiap TPS minimal ada 300 pemegang hak pilih. Kita akan koordinasi dan rapatkan untuk pembuatan TPS," ungkapnya.
 
Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Daerah Istimewa Yogyakarta, Krismono mengatakan lembaganya sudah memfasilitasi para warga binaan untuk didata guna pemilu pada April 2019. Pihaknya juga bekerja sama dengan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil dalam hal memfasilitasi perekaman KTP elektronik bagi warga binaan di Lapas.
 
Menurut dia, lebih 90 persen warga binaan di Lapas merupakan pemegang hak pilih. "Dari akan bantu penggunaan hak pilih bagi warga binaan di tujuh lembaga pemasyarakatan yang ada di DIY," ujarnya.
 

(ALB)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi