Calon Wakil Presiden nomor urut 02 Sandiaga Uno--Medcom.id/Whisnu Mardiansyah.
Calon Wakil Presiden nomor urut 02 Sandiaga Uno--Medcom.id/Whisnu Mardiansyah.

Sandi Prihatin Petugas KPPS Berguguran

Pemilu pilpres 2019 pemilu serentak 2019
Whisnu Mardiansyah • 23 April 2019 19:58
Jakarta: Calon Wakil Presiden nomor urut 02 Sandiaga Uno merasa prihatin banyak petugas Kelompok Panitia Pemungutan Suara (KPPS) yang meninggal dunia saat bertugas merekapitulasi suara. Sandi enggan berspekulasi sistem pemilu serentak jadi penyebab kejadian ini.
 
"Apakah ini satu sistem yang bisa di kita perlihatkan sebagai satu demokrasi yang sudah efisien, demokrasi yang dewasa," kata Sandi di kediamannya, Jalan Pulombangkeng, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Selasa 23 April 2019.
 
Kata Sandi, ini harus menjadi perhatian serius oleh pemerintah dan penyelengara Pemilu. Berapapun jumlahnya, menyangkut nyawa manusia adalah sebuah bencana. Mereka yang meninggal dunia adalah para pejuang demokrasi.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Kita nanti akan ada shalat gaib bersama para kiai untuk berdoa kepada pejuang-pejuang kita di Masjid At-taqwa karena kita lihat ini adalah kita bicara nyawa, kita bicara suatu bencana," tegas Sandi.
 
Mantan Wakil Gubernur DKI Jakarta itu meminta publik berfikir positif. Tak menerka-nerka sistem pemilu penyebab utama para petugas KPPS berguguran. Evaluasi penyelenggaraan pemilu serentak perlu dikaji lebih lanjut oleh pemerintah dan DPR.
 
"Kita harapkan mari berpikir positif, kita kawal terus prosesnya, kita jaga terus prosesnya," tutupnya.
 
Komisi Pemilihan Umum (KPU) memperbarui data petugas KPPS yang meninggal dunia. Petugas KPPS tercatat meninggal dunia saat menjalankan tugas lebih dari seratus orang.
 
Hingga sore tadi, KPU menyebut ada 119 petugas KPPS yang meninggal dunia, sedangkan 548 petugas KPPS sakit. Kasus petugas KPPS meninggal dunia dan sakit ini tersebar di 25 Provinsi.
 
"Berdasarkan data yang kami himpun hingga pukul 16.30 WIB, petugas kami yang meninggal dunia 119 orang," kata Komisioner KPU, Viryan Azis di Gedung KPU, Jakarta, Selasa, 23 April 2019.
 

(EKO)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif